KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Senin, 18 Nov 2019 14:09 WIB

KlinikINET

Referensi Kamera Terbaik Tahun Ini Apa?

Enche Tjin, - detikInet
Ilustrasi fotografer. (Foto: Unspslah) Ilustrasi fotografer. (Foto: Unspslah)
Jakarta - Pada bulan Desember nanti saya ingin jalan-jalan ke Eropa, pastinya banyak objek foto yang bagus mulai dari pemandangan alam kota dan kulturnya. Kira-kira kamera terbaik pada tahun ini apa aja ya koh di Indonesia, sebagai referensi saya untuk beli kamera. (Desta)


Jawaban:

Kamera terbaik keluaran tahun ini cukup banyak, dari entry level /pemula seperti Fuji X-A7, Canon M200, untuk penghobi yang lebih serius bisa melirik Sony A6600 atau Canon EOS RP dan Profesional atau high-end ada Fuji GFX100, Panasonic S1R dan Sony A7R IV.

Tentunya saat membeli kamera perlu mempertimbangkan untuk paket lensanya juga. Lensa yang fleksibel biasanya punya rentang zoom yang cukup baik, dari wide (lebar) sampai telefoto.


Tapi banyak juga kamera keluaran setahun atau beberapa tahun yang lalu yang masih layak/bagus untuk tahun 2019. Misalnya Canon M100, Panasonic G9, Leica Q2, Sony A7III, dll.

Yang perlu diperhatikan juga untuk travel adalah apakah fotografi adalah suatu prioritas dalam traveling atau hanya untuk sekedar mendokumentasikan perjalanan? Jika travelingnya bukan untuk tujuan fotografi, kamera compact premium seperti Leica D-Lux 7 boleh dipertimbangkan karena tidak makan banyak tempat dan ukurannya compact.

Simak Video "Tidak Sembarangan! Begini Proses Pembuatan Kamera Leica M10"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.