KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Minggu, 05 Mei 2019 16:06 WIB

Tips agar Kamera Tak Berembun Saat Motret di Udara Dingin

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Ilustrasi memotret di suhu dingin. Foto: Internet Ilustrasi memotret di suhu dingin. Foto: Internet
Jakarta - Saya ada rencana mau melihat aurora di Rusia atau Finlandia, yang saya mau tanyakan bagaimana menjaga kamera agar tidak berembun atau kedinginan karena suhu udara di sana bisa jadi bersalju atau hujan.(Bangben)


Jawaban:

Pengembunan atau istilahnya kondensasi biasanya terjadi saat kita pindah dari udara dingin ke hangat, maka itu yang perlu berhati-hati adalah saat selesai memotret di luar ruangan yang dingin lalu masuk ke gedung/ruang yang hangat.

Kalau perbedaan suhu tidak terlalu besar, tidak masalah, tapi kalau perbedaan suhu mencapai 15 derajat atau lebih, maka sebaiknya kamera di masukkan terlebih dahulu ke plastik yang di ziplock agar kedap udara, baru masuk ke dalam ruangan.

Kamera bisa dibiarkan selama 15-30 menit supaya bisa perlahan-lahan menyesuaikan dengan suhu di dalam ruangan. Yang lebih perlu diperhatikan adalah kameranya sebaiknya memiliki fitur weathersealing yang bagus, supaya bisa tahan air dan suhu ekstrim. (jsn/rns)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed