KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Jumat, 07 Sep 2018 13:43 WIB

KlinikINET

Perlukah Lensa Telefoto Untuk Landscape Photography?

Enche Tjin, - detikInet
Ilustrasi Fotografer. (Foto: Internet) Ilustrasi Fotografer. (Foto: Internet)
Jakarta - Jadi landscape photograpy cenderung lebih banyak menggunakan lensa wide ya om? Lantas lenza tele 200 mm ke atas digunakan dalam kondisi seperti apa? (Ryan)

Jawaban:

Betul, untuk foto pemandangan pada umumnya fotografer mengunakan lensa lebar. Jarak fokal lensa lensa lebar biasanya sekitar 16 sampai 35mm dalam format full frame, atau 10-24mm dalam format APS-C, 8-18mm dalam format four thirds.

Foto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 28mmFoto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 28mm. (Foto: Dok. Enche Tjin)


Lensa telefoto populer berjarak fokal dari 70-400mm. Lensa telefoto sering saya gunakan untuk landscape. Tujuan saya mengunakan lensa telefoto untuk foto landscape adalah untuk menangkap detail subjek yang jauh seperti detail pegunungan.

Dari pengalaman saya, mengunakan lensa tele untuk landscape lebih menarik daripada lensa wide saja, karena di satu spot, jika mengambil lebar saja, maka foto-fotonya mirip dengan orang-orang lainnya yang mengambil foto dari posisi yang sama.

Sayangnya, banyak penghobi fotografer dewasa ini agak malas membawa lensa telefoto karena memang sebagian besar ukurannya panjang, berat dan mahal. Maka itu saran saya jika ingin memotret dengan lensa telefoto, pertimbangkan kamera prosumer dengan lensa zoom panjang, atau memilih sistem dengan sensor yang tidak terlalu besar seperti sistem four thirds.

Sebagai ilustrasi, berikut adalah foto-foto di lokasi yang sama, namun mengunakan jarak fokal yang berbeda.

Foto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 70mm.Foto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 70mm. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Perlukah Lensa Telefoto Untuk Landscape Photography?Foto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 250mm. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Foto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 150mm.Foto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 150mm. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Foto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 250mm.Foto ini dibuat dengan lensa berjarak fokal 250mm. (Foto: Dok. Enche Tjin)


(jsn/jsn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed