Menyoal Lensa Nikkor 18-140mm di D5300

KlinikINET

Menyoal Lensa Nikkor 18-140mm di D5300

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Kamis, 28 Apr 2016 10:16 WIB
Foto: Dpreview
Jakarta - Saya baru membeli lensa nikkor 18-140mm VR, dipakaikan pada bodi D5300. Saya mau tanya saat mode auto fokus pada lensa terpasang apakah ring fokus dapat diputar? Untuk memotret juga ada getaran setelah fokus terkunci, apakah lensa yang saya beli sudah rusak? Mohon pencerahanya terimakasih sebelumnya. (Taufan)

Jawaban:

Sebenarnya pertanyaan ini berlaku juga untuk pemilik lensa-lensa yang serupa Lensa Nikkor/Nikon 18-140mm, tidak mendukung fungsi manual fokus override. Maka itu di tuas yang terletak di bagian samping lensa tertulis A-M.

Artinya pengguna harus memilih antara autofokus, atau manual fokus, tidak bisa keduanya sekaligus. Saat memilih A (autofokus) maka jangan memutar ring fokus, karena terkunci. Jika dipaksa, maka akan merusak lensa.

Ada lensa-lensa yang biasanya lebih mahal, mendukung manual focus override. Di lensa-lensa Nikon seperti itu, di tuasnya tertulis M/A - M, yang memungkinkan fotografernya untuk memutar ring fokus untuk menyesuaikan fokus setelah autofokus.

Masalah getaran lensa setelah fokus terkunci itu biasanya adalah getaran dari stabilizer lensa. Di berbagai lensa Nikon, termasuk 18-140mm, terdapat fitur VR (Vibration Reduction). Setelah fokus terkunci, stabilizer lensa ini akan bergetar mengkompensasi getaran tangan. Coba geser tuas VR ke OFF, dan coba fokus lagi, apakah getaran itu masih muncul? Jika masih, mungkin lensanya bermasalah. (jsn/ash)