Bagaimana Komposisi Kamera yang Pas untuk Memotret?

KlinikINET

Bagaimana Komposisi Kamera yang Pas untuk Memotret?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Selasa, 29 Sep 2015 10:45 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Saya sudah membaca dari beberapa literatur atau artikel tentang fotografi. Yang ingin saya tanyakan adalah, adakah setelan dasar atau komposisi untuk memotret misal shutter speed di 1/250, maka f nya adalah 5,6 dan iso di 400. Kadang perlu untuk membuat patokan yang sederhana bagi kami yang sangat awam akan dunia fotografi. Demikian atas kesempatannya saya ucapkan terima kasih (Dwi Yarto)

Jawaban:

Sayangnya tidak ada patokannya, karena ketiga fungsi eksposur (shutter speed, ISO dan aperture) sifatnya independen satu sama lainnya. Tapi bagusnya juga, dengan tidak ada patokan, kita tidak perlu mengingat dan menghapal kombinasi nilai-nilai tersebut.

Perlu diingat juga kondisi pencahayaan di lapangan berbeda-beda, jadi kombinasi tersebut akan berbeda-beda juga. Yang perlu kita ingat yaitu semakin tinggi nilai ISO, semakin terang gambar yang dihasilkan. Contoh: Foto dengan ISO 200 akan lebih terang dari ISO 100. Semakin cepat nilai shutter speed, semakin gelap fotonya.

Contohnya 1/100 detik lebih gelap daripada 1/30 detik. Semakin besar angka bukaan, semakin gelap hasil fotonya. Contohnya f/8 lebih gelap dari f/4. Demikian juga berlaku untuk sebaliknya.



Untuk membantu mencari kombinasi yang pas, di kamera biasanya memiliki lightmeter. Jika posisi lightmeter berada ditengah, berarti kombinasi yang Anda sama dengan kalkulasi kamera.

Maka itu, kemungkinan terang gelap foto sudah baik. Tapi tentunya tergantung kita sendiri, terkadang kita ingin membuat foto yang bernuansa lebih gelap atau lebih terang.

(jsn/ash)