Apakah Kamera Canon Makin Kecil D-nya Makin Bagus?

KlinikINET

Apakah Kamera Canon Makin Kecil D-nya Makin Bagus?

- detikInet
Jumat, 27 Feb 2015 11:25 WIB
(ilustrasi/GettyImages)
Jakarta -

Saya ingin bertanya kalau kamera Canon semakin kecil D nya semakin bagus yah kualitasnya? Apa sebaliknya? (Fikri Tareq)

Jawaban:

Pertama-tama kita lihat jumlah digitnya dulu. Kalau makin kecil dan angkanya makin kecil, kualitasnya biasanya makin tinggi dan biasanya dirancang untuk fotografer profesional.

Contohnya:

Canon 1D X - Kamera paling canggih Canon untuk profesional.

Canon 5D mk III - Kamera canggih yang tidak sebesar 1DX, populer untuk jurnalis foto pro dan fotografer travel.

Canon 6D - Kamera yang cukup ringkas dan terjangkau untuk yang bersensor full frame.

Kamera-kamera diatas bersensor full frame (ukuran 36 x 24 mm), memberikan kualitas gambar yang bagus dan detail meskipun di kondisi kurang cahaya. Kamera dibawah ini memiliki sensor APS-C (ukuran 22.2 x 14.8 mm).

Canon 7D mk II - Kamera yang lebih canggih, kokoh dan cepat dari 6D, meskipun cuma satu digit, tapi sensor gambarnya tidak sama. Populer dikalangan jurnalis foto olahraga dan satwa liar. Kamera yang dua digit ditujukan untuk penggemar fotografi atau fotografer semi-profesional. Semakin tinggi angkanya, semakin baru. Contohnya: Canon 60D dan Canon 70D

Kamera yang tiga digit ditujukan untuk penggemar fotografi pemula. Ukurannya lebih kecil dan ringan dan dirancang ramah pemula. Contohnya Canon 100D, 600D dan 700D. Kamera empat digit ditujukan untuk penggemar fotografi pemula yang budgetnya pas-pasan. Kamera ini paling terjangkau dan ringkas. Contohnya Canon 1200D.

(jsn/fyk)