Perlukah Mencantumkan Nomor Telepon di Toko Online?

Klinik Cyberlife

Perlukah Mencantumkan Nomor Telepon di Toko Online?

- detikInet
Rabu, 28 Sep 2011 15:00 WIB
Jakarta - Halo, Saya punya toko online, saya ingin bisa lebih intens berinteraksi dengan calon pelanggan. Apakah sebaiknya saya menampilkan nomor telepon di sana, atau tidak? Jika tidak, kira-kira cara apa yang paling baik untuk membuka kontak dengan pelanggan?

(Ibu N di Tangerang)

Jawaban

Hakikat dari punya toko online adalah punya outlet yang buka 24 jam, tetapi tidak berarti harus siap berinteraksi dengan pelanggan 24 jam.

Pun memasang nomor telepon sebenarnya tidak menjadi jaminan akan meningkatkan intensitas interaksi dengan calon pelanggan. Sebab kalau jumlah saluran telepon terbatas atau pihak yang melayaninya hanya ibu seorang diri, yang ada nanti malah akan merepotkan.

Memang memasang nomor telepon, apalagi yang fixed (nomor telepon rumah dari Telkom), dapat meningkatkan faktor kepercayaan calon pelanggan. Sebab calon pelanggan akan merasa lebih aman, jika memang ada masalah atau ingin ditanyakan lebih lanjut terkait dengan pemesanan produk di toko online ibu.

Tetapi pertimbangkan masak-masak untuk memasang nomor telepon, terkait dengan kesiapan kita sendiri.

Sebenarnya selain telepon, cara memasang alat berinteraksi lainnya yang cukup mudah dan sering dilakukan toko online adalah seperti Yahoo Messenger ataupun live support.

Salah satu produk live support yang handal dan gratis adalah LiveZilla, bisa diakses di http://livezilla.com


(wsh/wsh)