Free Fire Gak Ada di SEA Games 2023, Pelatih Timnas Sedih

Free Fire Gak Ada di SEA Games 2023, Pelatih Timnas Sedih

ADVERTISEMENT

Free Fire Gak Ada di SEA Games 2023, Pelatih Timnas Sedih

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 17 Jan 2023 14:40 WIB
Pelatih Timnas Free Fire Beberkan Rahasia Sukses di SEA Games 2021
Game Free Fire dipastikan tak hadir di SEA Games 2023. Pelatih timnas Free Fire Indonesia, Bang Fayad, ungkap rasa sedihnya. (Foto: Foto: Panji Sapturo/detikINET)
Jakarta -

Game Free Fire dipastikan tak hadir di SEA Games 2023. Pelatih timnas Free Fire Indonesia, Bang Fayad, mengungkap rasa sedihnya.

"Jadi kalau kita bicara bagaimana tanggapan saya, sedih karena kita punya chance yang sangat besar untuk bisa menyumbang medali secara mutlak," kata Bang Fayad kepada detikINET, beberapa hari lalu.

Apalagi menurutnya, Indonesia merupakan negara yang masuk top empat dunia, bila mengacu pada game battle royale besutan Garena ini. Lanjutnya, jadi kalau Free Fire ditampilkan, maka Indonesia akan bertemu lawan-lawan kuat seperti Vietnam dan Thailand yang masuk top tiga.

"Apalagi dengan mekanisme yang hampir sama ya. Satu negara itu mengirimkan dua tim yang saya tau. Kita benar-benar kehilangan peluang, untuk berjuang mendapatkan emas tambahan dari divisi free fire yang tidak ada di Kamboja nanti," pungkas Bang Fayad.

Esports memang kembali turut andil dalam kemeriahan Pesta Olahraga se-Asia Tenggara ke-32. Namun sayangnya, satu judul yang sudah disebutkan di atas, di mana menyumbangkan medali emas dan perak untuk Indonesia pada tahun lalu harus absen.

Terkait hal tersebut, detikINET sudah mencoba mengkonfirmasinya kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Dirinya mengungkapkan bahwa ini merupakan keputusan SEA Games Federation (SEAGF).

"Keputusan SEAGF. Semua nomor-nomor yang kita punya emas banyak, gak ada diadain sama mereka. Termasuk nomor-nomor lain, seperti menembak, seperti panahan," kata Raja kepada detikINET.

Raja merasa, memang ada yang tidak beres dari aturan yang dibuat oleh SEAGF. Menurutnya, regulasi yang dibuat harus diubah dan mengikuti zaman, sehingga tak bisa sekedar bikin doang.

"Gak bisa kayak gini, gak bisa cuma sekedar bikin doang. Kan ngabis-ngabisin duit aja kita kirim orang apa segala macam. Tapi secara standar olah raganya gak ada," ujar Raja.

Selain Free Fire, judul kondang lain layaknya Arena of Valor, dan FIFA pun tak ada. Berikut daftar game yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023 cabang esports.

Game Esports SEA Games 2023

  • AK (PC) - Tim
  • AK (PC) - Individu
  • PUBG Mobile - Squad
  • PUBG Mobile - Solo
  • Mobile Legends - Pria
  • Mobile Legends - Wanita
  • League of Legends: Wild Rift - Pria
  • Valorant - Tim
  • Cross Fire - Tim


Simak Video "Free Fire Rilis Mode Ranked Bomb Squad dan Map Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT