Sandiaga Uno Harap Game Lokal Ikuti Jejak PUBG Mobile

Sandiaga Uno Harap Game Lokal Ikuti Jejak PUBG Mobile

ADVERTISEMENT

Sandiaga Uno Harap Game Lokal Ikuti Jejak PUBG Mobile

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 08 Jan 2023 12:30 WIB
PMGC 2022, digelar di Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengungkapkan kalau ini menjadi potensi kembangkan industri game.
PMGC 2022 digelar di Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengungkapkan kalau ini menjadi potensi kembangkan industri game. (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Jakarta -

PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2022, digelar di Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyebutkan kalau event ini menjadi potensi kembangkan industri game.

"Ini suatu kesempatan dan potensi kita mengembangkan industri yang bertumbuh cepat, dengan sekarang sudah mencetak kontribusi hampir Rp 32 triliun di ekonomi Indonesia dan terus bertumbuh, dan menciptakan begitu banyak peluang dan kesempatan bekerja," kata Sandiaga Uno.

Ditemui usai memberikan sambutan saat pembukaan PMGC 2022 di Jiexpo Kemayoran, Jumat (6/1/2022), dirinya berharap agar game lokal bisa mengikuti jejak PUBG Mobile. Sandiaga Uno ingin agar karya anak bangsa bisa mencapai tingkatan seperti turnamen internasional PMGC 2022.

Untuk bisa sampai ke situ, Kemenparekraf sendiri sudah menyiapkan beberapa program ciamik. Namun sementara ini, Sandiaga Uno baru bisa mengatakan soal memperkuat regulasi, dan beberapa hal yang masih belum dipaparkan secara gamblang.

"Kita akan perkenalkan satu terobosan inovasi terbaru, mungkin melalui perpres atau setingkatnya untuk mengembangkan ekosistem game kita," kata Sandiaga Uno.

Lanjut, ia mengatakan pemerintah bakal terus memberikan dukungan, seperti mempromosikan game lokal ke Gamescom maupun Tokyo Game Show. Tak hanya memusatkan pandangannya ke developer Tanah Air, akan tetapi, Sandiaga Uno juga menyasar gamer lokal untuk naik kelas.

"Kita juga harapkan peluang seperti caster, streamer, coach, maupun esports tim, ini bisa terus berkembang dan menjadi bagian daripada memperkuat kebangkitan ekonomi kita di tahun 2023, untuk menciptakan tahun 2024, 4,4 juta lapangan kerja baru," pungkasnya.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno, saat berlangsungnya kejuaraan dunia PUBG Mobile. Digelar selama selama tiga hari, PMGC 2022 digelar sejak tanggal 6-8 Januari 2023.

Total ada 16 tim terbaik dari seluruh dunia yang bertanding. Tak hanya memperebutkan gelar juara, tetapi termasuk total hadiah uang tunai sebesar USD 1,5 juta atau Rp 23,3 miliar.



Simak Video "Target Sandiaga Uno Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Pekerjaan di 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT