Penjualan PS5 Sukses Besar, Sony Bakal Rilis PS6?

Penjualan PS5 Sukses Besar, Sony Bakal Rilis PS6?

ADVERTISEMENT

Penjualan PS5 Sukses Besar, Sony Bakal Rilis PS6?

Panji Saputro - detikInet
Senin, 28 Nov 2022 07:25 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Sony mengungkapkan bahwa mereka telah menjual 25 Juta unit PS5 sejak diluncurkan. Kali ini, beredar kabar kalau mereka akan merilis PS6 pada tahun 2027? (Foto: Unsplash/RRQ)
Jakarta -

Beberapa minggu lalu, Sony mengungkapkan bahwa mereka telah menjual 25 Juta unit PS5 sejak diluncurkan. Kali ini, beredar kabar kalau mereka akan merilis generasi terbarunya pada tahun 2027. Apakah itu PS6?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa PS5 sendiri rilis pada tahun 2020. Ini berarti, usianya telah menginjak sekitar dua tahun, dan kepopulerannya masih mendominasi di kalangan para gamer.

Namun di tengah kedigdayaannya, ada kabar bahwa mereka akan meluncurkan konsol baru dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini terungkap dari dokumen yang dulunya rahasia, dan kini tersedia untuk umum, dalam bagian penyelidikan lanjutan terkait Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA) soal kesepakatan Microsoft Activision yang tertunda.

Berdasarkan informasi yang detikINET himpun dari playstationlifestyle.net, Senin (28/11/2022), dokumen yang dimaksud memiliki data lengkap sekitar 22 halaman. Akan tetapi ada informasi menarik yang disisipkannya di awal halaman delapan.

Dalam pernyataan tertulis yang tertuang, Sony membahas mengenai sisa waktu kerja sama dengan Call of Duty. Menurutnya, hubungan tersebut akan berakhir pada tahun 2027.

"Pada saat SIE meluncurkan generasi berikutnya dari konsol PlayStation, ia akan kehilangan akses ke Call of Duty dan judul-judul Activision lainnya," ujar Sony.

Hal itu tentu berdampak tidak baik, karena membuatnya sangat rentan terhadap peralihan konsumen. Kemudian bisa terjadi degradasi dan mempengaruhi daya saing.

Jika memang argumen tertulis itu benar adanya, maka jarak kehadiran PS6 dengan PS5 sekitar tujuh tahun. Rentang waktu ini persis seperti perilisan sebelumnya, di mana juga terjadi antara PS4 ke PS5.

Nah sebagai tambahan informasi, selama periode Juli hingga 30 September 2022, raksasa video game ini mampu menjual 3,3 juta unit PS5. Sony sendiri menargetkan menjual PS5 hingga 18 juta unit untuk tahun fiskal 2022.

Penjualanya di pertengahan tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret mencapai 5,7 juta unit. Angkanya beda tipis dengan jumlah yang dijual pada tahun 2021 (5,6 juta unit).

Meski jumlah PS5 yang terjual tidak jauh berbeda, pendapatan Sony meningkat 12% menjadi 727 miliar Yen (Rp 77,1 triliun). Lonjakan ini didorong oleh kenaikan harga konsol game generasi kelima itu di beberapa negara.



Simak Video "Sony Bakal Fokus Produksi PS5 di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT