Ustaz Abi Ubah Nama Hero Mobile Legends Jadi Lebih Islami, Apa Saja?

Ustaz Abi Ubah Nama Hero Mobile Legends Jadi Lebih Islami, Apa Saja?

ADVERTISEMENT

Ustaz Mobile Legends

Ustaz Abi Ubah Nama Hero Mobile Legends Jadi Lebih Islami, Apa Saja?

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 05 Okt 2022 06:47 WIB
Ustaz Abi Ubah Nama Hero Mobile Legends Jadi Lebih Islam, Apa Saja?
Ustaz Abi Ubah Nama Hero Mobile Legends Jadi Lebih Islami, Apa Saja? (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Jakarta -

Bagaimana ya jadinya, kalau nama-nama hero di game Mobile Legends dibuat lebih islami? Inilah yang dilakukan Ustaz Abi, sebagai salah cara unik berdakwahnya.

"Biasanya gini, untuk menarik perhatian para viewer, maksudnya biar gak terlalu serius, kadang nama heronya kita ganti," ujar Ustaz Abi kepada detikINET, dalam wawancara eksklusif di studio live streaming pribadinya beberapa waktu lalu.

Ia pun memberi contoh, misal seperti hero favoritnya bernama Aurora. Kemudian Ustaz Abi menggantinya menjadi Siti Arofah, dan Nana yang memiliki panggilan baru, yakni Syafitri.

"Lalu ada Nana, kalau kata orang hero ini ngeselin. Jadi kadang kalau ada Nana orang suka emosi nih. Nah kita ganti menjadi Syafitri. Namanya diambil dari kata Fitri yang berarti Fitrah, artinya kembali suci. Makanya dengan kita mengganti namanya, semoga Nana ini tidak menjadi hero yang ngeselin lagi," ungkapnya.

Selain itu, ada pula tiga hero lain dari role yang berbeda. Mereka adalah Selena, Hilda, dan Wanwan, di mana dinamakan Sakinah, Mawadah, dan Warohmah.

Kemudian hero lain itu seperti Moskov yang mengisi role marksman. Pria yang tinggal di daerah Kalideres, Jakarta Barat ini, merubahnya menjadi Abdul Wakos.

Tak sampai di situ saja, Bane juga mendapat perubahan nama. Menurutnya, karena hero ini seorang bajak laut, suka mencuri, dan melakukan kejahatan, maka diganti Basyir bin Rasyid, agar bagaimana caranya supaya image jelek dihilangkan.

"Sebenarnya masih dalam proses ya. Kayak Sun kita namai Wahid. Karena buat ulti, menghancurkan berhalanya tuh cepat. Jadi kita gak asal memberi nama, tapi ada cerita dibalik situ. Turret itu kita sebutnya berhala, di mana terinspirasi dari nabi Ibrahim," tambahnya.

Ustaz Abi pun mengaku, untuk pemberian nama ini terkadang dilakukannya secara spontan saat sedang live streaming. Jadi tidak semuanya direncanakan sebelum bermain game Mobile Legends.

Salah satu cara unik ini pun, sepertinya berhasil memikat hati para pemain game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) besutran Moonton. Untuk live streaming sendiri, pria yang juga akrab disapa Mas Abi ini, melakukannya di platform garapan ByteDance, TikTok.

[Gambas:Youtube]

Simak Video 'Kisah Ustaz yang Viral Berdakwah di Streaming Mobile Legends':

[Gambas:Video 20detik]



(hps/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT