PS5 Kini Dukung Resolusi 1440p

ADVERTISEMENT

PS5 Kini Dukung Resolusi 1440p

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 12 Sep 2022 15:55 WIB
Custom cover PS5
Foto: dok. Sony
Jakarta -

Sony belum lama ini merilis pembaruan software untuk PlayStation 5 (PS5), dan salah satu fitur barunya adalah dukungan untuk resolusi 1440p.

Pembaruan ini tampaknya mengincar gamer PS5 yang menggunakan monitor untuk bermain game, karena resolusi 1440p ini biasanya ada di monitor dan bukan TV, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (12/9/2022).

Namun sayangnya di 1440p, PS5 hanya mendukung refresh rate 60Hz dan 120Hz tanpa variable refresh rate (VRR). Untuk saat ini, VRR hanya didukung di resolusi 1080p dan 2160p.

Dukungan resolusi 1440p ini sebelumnya sudah dijajal di firmware versi beta. Perilisannya ini mungkin ada kaitannya dengan salah satu produk Sony, yaitu Inzone gaming monitor, yang salah satunya adalah monitor dengan resolusi 1440p.

Selain perubahan pada dukungan resolusi, pembaruan tersebut juga membolehkan gamer PS5 membuat gamelist, atau bisa juga disebut folder, untuk mengkategorikan game miliknya. Ada 15 gamelist yang bisa dibuat, dengan masing-masing bisa diisi 100 game, baik game dari disc, digital, ataupun streaming.

Dalam pembaruan itu juga gamer dipermudah untuk kembali ke dalam game karena aktivitas game terakhirnya bakal ditampilkan di layar. Opsi 3D Audio kini juga lebih mudah untuk dinyalakan atau dimatikan dan menjadi Stereo Audio, untuk menyesuaikan selera gamer.

Ada juga fitur versi preview yang bisa dijajal oleh gamer PS5 di Amerika Serikat dan Inggris. Yaitu fitur perintah suara untuk melakukan aktivitas tertentu, misalnya gamer bisa mengatakan "Hey PlayStation, fin [keyword] on YouTube," untuk mencari video tertentu di YouTube, bahkan saat sedang memainkan game.

Ke depannya Sony juga sedang menyiapkan pembaruan besar untuk aplikasi PS App di Android dan iOS. Yaitu gamer bisa mengaktifkan sesi PS Remote Play langsung dari ponsel ataupun tablet, asalkan PS5 dalam Rest mode.



Simak Video "Sony Bakal Fokus Produksi PS5 di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT