Apa Itu Teaming yang Bikin Vietnam Diblokir dari Turnamen PUBG Mobile

ADVERTISEMENT

Apa Itu Teaming yang Bikin Vietnam Diblokir dari Turnamen PUBG Mobile

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 06 Sep 2022 20:45 WIB
5 Tips Push Rank PUBG Mobile Sampai Conqueror
Apa Itu Teaming yang Bikin Tim Vietnam Diblokir dari Turnamen PUBG Mobile (Foto: PUBG Mobile)
Jakarta -

Baru-baru ini, para penggemar PUBG Mobile di Asia Tenggara dikejutkan oleh tindakan tidak terpuji, dari dua tim yang ikut berlaga di 2022 PMPL SEA Championship Fall: Play-In. Mereka melakukan teaming dan terpaksa dibanned dari kompetisi.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (6/9/2022), kedua tim tersebut ialah Phoenix Esports (4NIX) dan Eighteen Plus Esports (ETP). Hal ini diketahui panitia, sejak mereka turun di tempat yang serupa, hingga sengaja memberikan kill.

Bahkan kecurangan tersebut sempat tertangkap kamera observer, dan cukup membuat banyak pihak bingung. Lalu sejumlah bukti juga memperlihatkan, bahwa keduanya tidak hanya melakukan teaming di match keempat hari kedua, akan tetapi juga di beberapa match lain.

Alhasil, baik 4NIX maupun ETP, diberikan hukuman penangguhan selama satu tahun dari seluruh turnamen resmi PUBG Mobile. Kendati demikian, putusan itu cukup menarik perhatian penggemar PUBG Mobile di Tanah Air.

Banyak dari mereka yang melontarkan komentar tidak setuju, terhadap hukuman tersebut. Salah satunya mengatakan, seharusnya banned permanen, karena menurutnya itu sudah merusak scene kompetitif dan sungguh memalukan.

Namun pertanyaan besarnya, apa itu teaming? Bagaimana prakteknya di dalam sebuah pertandingan?

Apa itu Teaming?

Teaming merupakan metode curang, di mana ada dua atau lebih pemain/tim yang bekerja sama untuk mencapai sebuah hasil tertentu. Jadi bisa dikatakan seperti match fixing, karena berupaya merekayasa hasil pertandingan.

Prakteknya, ketika ada dua tim dalam satu area yang sama, tetapi tidak saling bertarung. Mereka lebih memilih untuk menghindar atau sengaja kalah, agar salah satu tim mendapatkan poin kill tambahan.

Dalam kasus 4NIX dan ETP, salah dari mereka terlihat diam saja, tanpa memberikan perlawanan dan sengaja memberikan poin kill. Hal ini menjadi salah satu indikasi mereka disebut melakukan teaming.

Padahal, itu merupakan perbuatan terlarang dan PUBG Mobile melarang keras terjadinya teaming. Biasanya, kejadian ini dilakukan oleh tim dengan negara serupa.

Untuk pemain 4NIX diisi oleh Bang4u, Acacia, Collict, DuxkA, SonCon, dan LTD. Sedangkan ETP membawa BenT, Liebe22, ETP Pat999, FaKe1st, NekoBae, dan LuKa.

D'Xavier Rabiz, sebagai salah satu pro player asal Vietnam pun memberi tanggapannya. Ia mengatakan sangat menyayangkan tindakan tercela yang dilakukan oleh kedua tim wakil Vietnam.

"Apapun alasannya, saya secara pribadi sangat mengecam tindakan teaming," ujar Rabiz

Kurang lebih begitulah jawaban dari pertanyaan, apa itu teaming. Semoga informasi ini membantu detikers.

Mau char-mu GG? Punya item keren dan skin limited? Top-up di "UNIPIN" jawabannya.



Simak Video "PUBG Mobile Indonesia Siap Perlebar Jaringan Komunitas Player"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT