Epic Games Diblokir Kominfo Bikin Developer Game Lokal Sulit Berkarya

ADVERTISEMENT

Epic Games Diblokir Kominfo Bikin Developer Game Lokal Sulit Berkarya

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 09 Agu 2022 06:15 WIB
Epic Games
Epic Games Diblokir, Unreal Engine Terdampak, Developer Game Pusing (Foto: istimewa)
Jakarta -

Epic Games belum juga daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun terpaksa masih memblokirnya.

Hal tersebut tidak hanya berdampak pada berbagai macam game yang ditawarkannya, melalui laman Epic Games Store. Tetapi juga menutup akses, terhadap produk game engine besutan mereka, bertajuk Unreal Engine.

Hal ini mengingat, untuk bisa menggunakan aplikasi pengembangan game ini, harus melalui launcher yang sudah terinstall di PC atau laptop. Nah, karena Kominfo memblokir akses terhadap Epic Games, maka ada beberapa developer yang kesulitan menggunakan Unreal Engine.

Salah satunya dialami oleh developer game lokal, Gamecom Team. Josevina Gaby, Community Manager Gamecom Team, mengatakan bahwa timnya merasa terganggu dengan pemblokiran tersebut.

"Dengan adanya pemblokiran Epic Games, programmer kesulitan mengakses Unreal Engine guna untuk mengembangkan gamenya," ujar Josevina Gaby kepada detikINET, Senin (8/8/2022).

Selain itu Jose menambahkan, akibat pemblokiran Kominfo, mereka sebagai developer menjadi lebih waswas. Ha ini dikarenakan, masih banyak aplikasi/website yang perlu digunakan oleh game developer, di mana belum terdaftar di PSE Lingkup Privat dan terancam diblokir.

"Semisal seperti Adobe, Unity, dan aplikasi lainnya yang menjadi alat bantu untuk pengembangan suatu game," tambahnya.

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa Epic Games masuk ke dalam 100 PSE dengan trafik tertinggi di Indonesia. Namun hingga waktu yang telah ditentukan, mereka belum juga mendaftarkan diri.

Berbeda dengan Steam, Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive, Origin yang akhirnya bebas jerat blokir Kominfo. Keempatnya saat ini sudah bisa diakses dengan bebas oleh gamer di Tanah Air.

Sedikit informasi, Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Melalui aturan PSE ini bagi perusahaan yang beroperasi secara digital, seperti memiliki situs maupun aplikasi, yang beroperasi di wilayah Indonesia. Kewajiban pendaftaran ini ditujukan, baik perusahaan asing maupun lokal.



Simak Video "Update Kominfo soal Pemblokiran dan Pendaftaran PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT