Game PC Grafisnya Memang Bagus, Tapi Tidak Cuan

ADVERTISEMENT

Game PC Grafisnya Memang Bagus, Tapi Tidak Cuan

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 08 Agu 2022 21:43 WIB
Activision Ungkap Call of Duty: Warzone Akan Hadir di Mobile
Foto: (activision)
Jakarta -

Dalam laporan keuangan terbaru Activision Blizzard, terungkap kalau pemasukan game PC dan konsol kalah tipis dari pemasukan game mobile.

Game PC dan konsol, dalam hal kualitas grafis memang jauh lebih tinggi ketimbang game mobile untuk HP dan tablet. Namun dari sisi pemasukan, game-game dengan kualitas grafis pas-pasan di mobile itu justru menjadi mesin uang untuk developer.

King, developer game mobile yang sudah diakuisisi oleh Activision Blizzard bisa menghasilkan USD 685 juta. Tak pernah dengar nama King? Mereka adalah pembuat game Candy Crush, Farm Heroes, Bubble Witch, dan lainnya.

Dibandingkan dengan Blizzard yang pemasukannya dalam periode sama hanya USD 296 juta, atau bahkan Activision dengan pemasukan USD 600 juta, pemasukan King ini jelas lebih besar.

Activision menghasilkan uang paling banyak dari konsol, dengan pemasukan USD 360 juta. Sementara dari PC dan mobile, pemasukannya masing-masing adalah USD 100 juta dan USD 135 juta. Pemasukan Activision dari game mobile ini kemungkinan paling besar berasal dari Call of Duty: Mobile.

Sementara Blizzard mendapat pemasukan lumayan besar dari Diablo Immortal, yang meski tak terlalu populer, bisa menghasilkan pemasukan sebesar USD 100 juta. Pemasukan dari judul game PC mereka adalah USD 229 juta, dan hanya USD 19 juta dari konsol.

Jika dilihat secara keseluruhan, game mobile Activision Blizzard menghasilkan pemasukan yang sedikit lebih besar ketimbang game lainnya, sekitar 50,5% atau USD 831 juta.

Sementara pemasukan dari konsol dan PC yang terus menurun secara year over year. Yaitu USD 376 juta untuk konsol (turun 23%) dan USD 332 juta (turun 20%). Pemasukan dari sektor lain berkisar 6% atau USD 100 juta, berasal dari acara langsung dan tayangan pertandingan esports.

Melihat data ini, wajar jika publisher lebih memprioritaskan game mobile. Namun game konsol dan PC diperkirakan masih akan tumbuh pada 2022 ini, karena Activison Blizzard punya tiga game penghasil uang utama mereka yang siap dirilis, yaitu Overwatch 2, CoD Modern Warfare 2, dan ekspansi Dragonflight untuk World of Warcraft.

Masa depan game konsol dan PC di Activision Blizzard pun diperkirakan masih aman, terutama karena akuisisi oleh Microsoft terus berjalan, dan Microsoft punya Xbox dan Windows sebagai platform game andalannya.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT