Tips Jadi Caster Mobile Legends Handal, Om Wawa: Cintai Gamenya

ADVERTISEMENT

Tips Jadi Caster Mobile Legends Handal, Om Wawa: Cintai Gamenya

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 02 Agu 2022 15:56 WIB
Tips Jadi Caster Handal Mobile Legends, Om Wawa: Cintai Gamenya
Tips Jadi Caster Mobile Legends Handal, Om Wawa: Cintai Gamenya (Foto: Instagram omwawa_)
Jakarta -

Arwanto alias Om Wawa, Analis dan Caster kondang asal Indonesia yang saat ini aktif membawakan alur pertandingan di game besutan Moonton, membeberkan tips agar menjadi caster handal di Mobile Legends. Salah satunya, ia mengatakan untuk mencintai game tersebut.

"Cintai gamenya, ikuti meta, mainkan juga gamenya setiap hari, dan mengetahui basic dari game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)," jelas Om Wawa kepada detikINET, dalam acara Workshop Rulebook MPL Indonesia di Grand Tjokro Jakarta.

Om Wawa sendiri pun mengaku, dalam kurun waktu satu hingga dua tahun awal, ia masih sedikit kagok ketika sedang menjadi caster. Namun menurutnya, seiring berjalannya waktu, itu akan menjadi kebiasaan dan mulai dari yang kecil-kecil terlebih dahulu sampai besar.

Ditanya soal kesalahan yang kerap dilakukan oleh para caster pemula, Om Wawa mengatakan, bahwa mereka mengulang kalimat yang sama. Kemudian, tidak terlalu mendalami game yang dibawakannya itu.

"Ya itu wajar, karena masih pemula. Jadi kebalikan dari yang tadi. Jadi pelan-pelan saja, nanti ketika sudah keisi semuanya, hal-hal yang mungkin kira-kira kosong bisa diperbaiki lagi, semua butuh proses," ujar Om Wawa.

Kendati demikian, ia menegaskan, sebenarnya mengulangi kalimat yang serupa sekali dua kali masih wajar. Hanya saja, bila terlalu sering juga akan menjadi aneh.

"Jadi alangkah baiknya tidak terlalu sering mengulangi kalimat yang sama," tegas Om Wawa.

Sebagai tambahan, Om Wawa mengingatkan beberapa hal yang dilarang ketika menjadi caster. Salah satunya jangan berkata kotor.

"Mengucapkan kata-kata kotor. Mungkin tergantung dari event apa, karena kita harus taat dengan aturannya ya semuanya. Mereka request apa aja. Jadi misalkan ada sponsor ini, gak boleh kayak gini dan lainnya, kan beda-beda kan," tutup Om Wawa.



Simak Video "Induk TikTok Akuisisi Pembuat Mobile Legends, Gelontorkan Rp 57 T"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT