Steam Segera Daftar PSE, Kapan Mulai Bisa Diakses?

ADVERTISEMENT

Steam Segera Daftar PSE, Kapan Mulai Bisa Diakses?

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 31 Jul 2022 11:15 WIB
Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan
Steam OTW Daftar PSE, Kapan Mulai Bisa Diakses? (Foto: Agus Tri Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Kabar gembira buat gamer, Steam, Dota 2, dan Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO), proses pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, menyampaikan bahwa Kominfo sudah berkomunikasi dengan platform jual beli game besutan Valve tersebut.

"Mereka sudah berhasil menghubungi kita, jadi sekarang sudah terjadi korespodensi, antara Steam, Dota 2, dan CS: GO. Ini mereka sudah menyatakan sedang memproses. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, mereka sudah bisa melengkapi dan juga masyarakat yang pengguna layanan game ini, sudah bisa segera dapat menggunakan kembali," ujar Samuel, dalam acara Konferensi Pers Perkembangan Terbaru Pendaftaran PSE Lingkup Privat, Minggu (31/7/2022).

Lanjutnya, Semuel menyebutkan masih ada dua platform game yang belum daftar, di antaranya Origin dan Epic Games. Ia pun mengatakan bahwa peluang untuk mendaftar masih terbuka, di mana harapannya mereka bisa menjadi bagian daripada pembangunan ekonomi digital di Indonesia.

Ditanya terkait, apakah Kominfo sudah menyiapkan alternatif bagi developer Indonesia yang merilis game-nya di Steam, Samuel pun menjelaskan perihal program yang telah dicanangkan bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI).

"Kami mempunyai program khusus dengan game developer, kerja sama juga dengan AGI. Kita justru sedang mendorong, ini kan dampak sementara ya, tapi kalau itu kita sudah punya alternatifnya. Kita akan membangun industri game kita juga. Kalau mereka tidak mau menjadi bagian dari ekosistem kita, ya gak apa-apa," ujar Samuel kepada detikINET.

Dirinya pun menyebutkan, telah disiapkan program-progam, seperti di Parekraf dan Kominfo. Lalu, ia menambahkan ada juga di beberapa sektor, sedang mendorong pertumbuhan game Indonesia.

"Tapi tadi saya berharap, Steam bisa segera melengkapi yang namanya persyaratan pendaftaran. Jadi supaya tadi, tidak perlu lagi menunggu terlalu lama," tambahnya.

Seperti yang diketahui, bahwa sebelumnya Kominfo sendiri sudah memblokir platform favorit gamer, mulai dari Steam, Epic Games, dan Origin pada tanggal 30 Juli 2022 dini hari. Sehingga, deretan judul-judul ternama dan besutan developer game Indonesia, tidak dapat dimainkan.

Nah, sedikit informasi, pendaftaran PSE Lingkup Privat ini telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.



Simak Video "Kominfo: Steam, Dota 2, CS:GO dalam Proses Pendaftaran PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT