Universitas Ini Punya Mata Kuliah Minecraft

ADVERTISEMENT

Universitas Ini Punya Mata Kuliah Minecraft

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 03 Jul 2022 15:31 WIB
Cara Download Minecraft di Mobile, PC dan Konsol
Ilustrasi Minecraft. Foto: (minecraft.net)
Jakarta -

Minecraft adalah salah satu game paling populer di dunia. Nah, Xiamen University di China punya mata kuliah khusus untuk mempelajari game besutan Mojang Studios itu.

Diumumkan di postingan Weibo, Xiamen University bekerja sama dengan Netease untuk membuat mata kuliah tersebut dan didanai oleh Pemerintah China. Bukan, bukan cara bermain Minecraft yang dipelajari di mata kuliah tersebut.

Dalam mata kuliah tersebut mahasiswa akan diajak untuk berkreasi untuk membuat berbagai konten di Minecraft dan juga ke dalam ekosistem yang ada di dalamnya. Harapannya adalah para mahasiswa itu bisa mengeluarkan ide-ide yang tak lazim untuk konten di dalam Minecraft.

"Minecraft berkomitmen mengembangkan ekosistem pengembang dan memberikan dorongan untuk mewujudkan ekosistem lewat dukungan universitas yang komprehensif," tulis Netease, yang merupakan publisher Minecraft di China, dalam postingannya di Weibo seperti dilihat Minggu (3/7/2022).

Dalam mata kuliah tak wajib yang bernama resmi "Interactive design case study" tersebut juga akan dihadirkan beberapa pengajar yang merupakan desainer game dari Netease.

Mereka akan mengajarkan cara memakai software editing resmi untuk Minecraft. Netease juga memastikan kalau Xiamen University bukan cuma satu-satunya universitas yang akan diajak berkolaborasi, karena nantinya akan semakin banyak universitas yang akan berkolaborasi dengan Minecraft.

Minecraft sendiri memang terkenal di kalangan pelajar dan mahasiswa karena peluang untuk berkreasi dan menciptakan konten yang sangat luas di game ini. Mereka pun dikenal punya komitmen besar karena memberi perhatian lebih pada pengembangan ekosistemnya.

Jadi, sekalipun secara grafis game ini mungkin tak semewah game AAA, namun Minecraft punya diferensiasi, di mana pemainnya diberikan kebebasan menjelajah atau sekadar mengeluarkan ide liar untuk membangun sesuatu.



Simak Video "Microsoft Pangkas Lowongan Kerja Imbas Melemahnya Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT