Sony Untung Besar dari Penjualan Game Ekslusif PlayStation di PC

Sony Untung Besar dari Penjualan Game Ekslusif PlayStation di PC

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 31 Mei 2022 10:15 WIB
Horizon Zero Dawn
Sony Untung Besar dari Penjualan Game Ekslusif PlayStation di PC (Foto: screenshot detikINET)
Jakarta -

Sony baru-baru ini membocorkan angka penjualan game eksklusif PlayStation di PC. Ternyata pendapatannya sungguh fantastis, dari judul-judul seperti Horizon Zero Dawn maupun God of War.

Dirilis untuk PC pada bulan Agustus 2020, petualangan Aloy menjelajahi dunia fantasi di Horizon Zero Dawn, mampu memberikan banyak keuntungan. Role Playing Game (RPG) aksi ini, berhasil terjual lebih dari 2,39 juta kopi, dan menghasilkan pendapatan USD 60 juta atau sekitar Rp 872 miliar.

Selain itu ada pula sokongan dari permainan bertema zombie, bertajuk Days Gone, besutan Sony Interactive Entertainment Bend Studio. Meluncur bagi gamer PC pada bulan Mei tahun lalu, pembelian mencapai 852 ribu kopi pada Maret 2022, dilansir detikINET dari Wccftech, Senin (30/5/2022).

Adapun angka penjualannya sebesar USD 22,7 juta atau sekitar Rp 330 miliar. Kemudian isusul juga oleh perjalanan Kratos di God of War, yang tampil sangat baik di port PC.

Game Kratos itu ikut berpartisipasi dalam mengumpulkan pundi-pundi pendapatan, mencapai USD 26,2 juta atau sekitar Rp 380 miliar. Itu berasal dari torehan penjualan sekitar 971 ribu kopi, yang didapatkannya hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan, sejak menyambangi PC pada 14 Januari 2022.

Di lain sisi, Sony sendiri masih berkutat dengan permasalahan PS5, yang belum bisa memenuhi permintaan penggemar. Bahkan mereka memprediksi, kelangkaan itu akan terus terjadi hingga tahun 2024 mendatang.

Raksasa video game tersebut mengungkapkan, bahwa keinginan memiliki konsol next-gen itu, berada dalam titik tertinggi sepanjang masa. Menurutnya, pengecer di Amerika Serikat (AS), menjual 1.000 konsol besutannya dalam hitungan menit. Artinya, permintaan tersebut melebihi pasokan yang ada.

Sebenarnya ada berbagai macam alasan menjadikan PS5 langka. Tetapi kekurangan chip yang sedang berlangsung di seluruh dunia, merupakan masalah utamanya saat ini. Bahkan itu berdampak besar pada semua industri elektronik termasuk kartu grafis.



Simak Video "Sony Bakal Fokus Produksi PS5 di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)