Rugi Banget! Game F1 NFT Tutup dan Tokennya Tak Berharga Lagi

Rugi Banget! Game F1 NFT Tutup dan Tokennya Tak Berharga Lagi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 07 Apr 2022 11:50 WIB
F1 Delta Time
Foto: Dok. Animoca
Jakarta -

Pada masanya, salah satu NFT di game F1 Delta Time pernah terjual senilai USD 300 ribu, sekitar Rp 4,3 miliar, namun kini semua NFT di game tersebut sudah tak ada harganya.

F1 Delta Time digadang sebagai salah satu game blockchain berlisensi yang pertama ada, yang diluncurkan pada Maret 2019. Saat itu, tak banyak orang yang mengetahui NFT, namun tetap banyak yang tertarik pada game ini.

Pasalnya si developer 'menjual' gamenya yang punya lisensi resmi dari F1, dan pemainnya pun dijanjikan bisa menghasilkan uang dengan bermain game (play to earn). Bahkan F1 Delta Time pun memegang rekor penjualan NFT termahal pada tahun 2019.

Item NFT yang dimaksud adalah sebuah mobil di dalam game yang terjual dengan harga lebih dari USD 100 ribu, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (7/4/2022).

Meski begitu, bukan berarti kualitas gamenya mumpuni. Grafisnya terlihat sangat sederhana, dan bahkan rating di di beberapa situs review pun sangat rendah.

Kini, tiga tahun setelah dirilis, lisensi F1 untuk F1 Delta Time sudah habis masa berlakunya dan tak diperbarui. Mereka pun kemudian menutup gamenya, dan menjanjikan semua pemilik aset digital di game tersebut akan diberi hadiah untuk loyalitas dan dukungannya.

Apa hadiahnya? Bukan, bukan penukaran aset digital itu menjadi mata uang kripto. Aset digitalnya itu ditukar menjadi token di game balapan berbeda. Hal ini dipastikan akan membuat kesal pemilik aset yang menghabiskan ratusan ribu dolar untuk membeli aset tersebut.

Token-token dari game itu memang akan tetap ada, namun tentu sudah tak ada nilainya lagi karena gamenya sudah ditutup. Ini adalah contoh kasus bagaimana sebuah perjalanan game NFT saat gamenya ditutup.

Tak ada bedanya dengan banyak game online yang juga akhirnya ditutup, meski di dalamnya banyak gamer yang sudah menghabiskan uang dan waktu untuk menaikkan level dan membeli barang-barang dalam game.



Simak Video "Wamendag Jerry Bicara Soal Perkembangan Token dan Game Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)