Studio Game Indie Ini Tutup Akibat Lingkungan Kerja Toxic

ADVERTISEMENT

Studio Game Indie Ini Tutup Akibat Lingkungan Kerja Toxic

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 30 Mar 2022 17:43 WIB
Lingkungan Kerja yang Toxic, Membuat Studio Game Indie Ini Tutup
Lingkungan Kerja yang Toxic, Membuat Studio Game Indie Ini Tutup (Foto: Funomena)
Jakarta -

Funomena, studio game Indie yang berpusat di San Francisco, terancam tutup pada akhir bulan ini. Hal tersebut buntut dari keadaan toxic di dalam perusahaan, yang ditujukan kepada salah satu pendirinya, yakni Robin Hunicke.

"Saya benar-benar patah hati, untuk melaporkan bahwa Funomena akan ditutup pada akhir bulan ini, dengan semua kontraktor telah diberhentikan pada Rabu lalu. Ini adalah akhir yang sangat menyedihkan dan saya harap semua orang yang terkena dampak dapat tegar," kata Chris Bratt pemilik People Make Games.

Kabar penutupan tersebut, juga telah dikonfirmasi langsung oleh Funomena, yang menyatakan semua sedang dalam proses. Ini juga didorong oleh penggalangan dana yang tidak berjalan sesuai rencana, di mana uang tersebut rencananya akan digunakan untuk operasi berkelanjutan, dikutip detikINET dari media sosial, Rabu (30/1/2022).

"Kami menyukai pengembangan game, kami senang membuat game, dan kami senang membawa orang ke dalam komunitas. Ini adalah harapan tulus kami bahwa kami dapat terus melakukannya, bersama-sama," tulis Funomena.

Informasi itu mulai menyebar, ketika Chriss Bratt memasukkan Funomena dalam daftar studio game indie yang memiliki lingkungan toxic. Konten tersebut merupakan salah satu video, yang diterbitkan di channel-nya berjudul "Investigating Three Indie Superstars Accused of Emotional Abuse".

Kendati begitu, sebagai orang yang berpengaruh di dalam perusahaan. Hunicke pun menyampaikan permintaan maaf kepada publik, melalui Twitter (22/3).

"Saya sedih mengetahui orang-orang terluka karena kesalahan yang saya buat. Saya benar-benar minta maaf. Saat ini saya meluangkan waktu untuk berbicara dengan orang-orang, fokus pada feedback yang dibagikan semua orang dan mencari tahu langkah selanjutnya," tulis Hunicke.

Sedikit informasi, Funomena merupakan game independen yang terletak di San Francisco, didirikan pada Januari 2013 oleh Robin Hunicke dan Martin Middleton. Mereka sudah mengembangkan dua judul fenomenal, di antaranya Luna: Moondust Garde dan Wattam.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT