Fortnite Berhasil Kumpulkan Donasi Rp 717 Miliar Untuk Ukraina

ADVERTISEMENT

Fortnite Berhasil Kumpulkan Donasi Rp 717 Miliar Untuk Ukraina

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 23 Mar 2022 21:50 WIB
Fortnite Berhasil Kumpulkan Donasi Rp 717 Miliar Untuk Ukraina
Fortnite Berhasil Kumpulkan Donasi Rp 717 Miliar Untuk Ukraina (Foto: Fortnite)
Jakarta -

Menyusul aksi kemanusiaan yang dilakukan beberapa developer game, Fortnite belum lama ini mengumumkan kontribusinya dalam upaya membantu Ukraina. Mereka menggalang dana, mulai dari tanggal 20 Maret hingga 3 April mendatang, di mana jumlahnya sangat fantastis.

"Hari ini kita telah mengumpulkan USD 50 juta (sekitar Rp 717 miliar) untuk dana bantuan kemanusiaan mendukung orang-orang yang terkena dampak perang di Ukraina," tulis Fortnite, dikutip detikINET dari media sosial, Rabu (23/3/2022).

Menurut keterangannya, ada beberapa organisasi yang nantinya menerima dana tersebut. Di mana mereka yang berada di lapangan memberikan bantuan darurat, termasuk kesehatan, makanan, air bersih, persediaan penting lainnya, bantuan hukum dan tempat tinggal.

Sementara ini, beberapa lembaga tersebut, di antaranya Direct Relief, United Nations Children's Fund (UNICEF), United Nations World Food Programme (UNWFP) dan UNHCR yang mengurusi pengungsi. Fortnite menegaskan bahwa dalam beberapa minggu ke depan, jumlah organisasi yang menerima donasi akan bertambah.

"Semua pembelian yang dilakukan pemain di Fortnite selama periode 20 Maret hingga 3 April, akan diberikan semuanya. Ini termasuk paket V-Buck, Fortnite Crew, Battle Pass dan paket kosmetik lainnya, seperti paket Voidlander," tulis Fortnite.

Kendati begitu, mereka menekankan bahwa menggunakan V-Bucks atau uang digital di dalam game, untuk melakukan pembelian tidak disertakan. Karena penjualan yang diterima, menggunakan uang nyata saat bertransaksi.

"100% dari hasil Fortnite, sama dengan harga pembelian kotor dari semua pembelian dalam game atau penukaran pembelian ritel selama periode. Tetapi tidak termasuk pajak, biaya platform pihak ketiga, pengembalian uang atau barang," ujar Fortnite.

Hal serupa juga telah dilakukan sebelumnya oleh marketplace game indie, itch.io. Di mana mereka bersama dengan lebih dari 700 kreator, menggalang dana dan berhasil memperoleh nilai fantastis hingga USD 6,37 juta atau sekitar Rp 91 miliar.



Simak Video "Antusias Warga Mengikuti Referendum untuk Bergabung Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT