Pelatnas Tahap 1 Tim Esports Indonesia Telah Resmi Dimulai

Pelatnas Tahap 1 Tim Esports Indonesia Telah Resmi Dimulai

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 04 Mar 2022 17:50 WIB
Pelatnas Tahap 1 Tim Esports Indonesia Telah Resmi Dimulai
Pelatnas Tahap 1 Tim Esports Indonesia Telah Resmi Dimulai (Foto: PB ESI)
Jakarta -

Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) tim esports Indonesia, untuk SEA Games 2021 resmi digelar. Program tahap 1 ini, telah diselenggarakan sejak tanggal 1 - 10 Maret mendatang, berlokasi di Jeep Station Indonesia, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

"Dalam sembilan hari ke depan, seluruh atlet Pelatnas akan dinilai (scoring) oleh masing-masing coach (pelatih), untuk menjadi wakil Indonesia di SEA Games nanti. Saya harap seluruh atlet peserta Pelatnas dapat menampilkan versi terbaiknya untuk Indonesia," ujar Richard Permana, Kepala Pelatih Tim Nasional, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (4/3/2022).

Pelatnas sendiri dibagi menjadi dua tahap. Pertama akan berlangsung mulai dari 1 - 10 Maret. Lalu selanjutnya akan dilaksanakan pada 17 Maret hingga 30 April. Dengan fokus berbeda-beda, di mana tahap pertama lebih mengarah kepada seleksi. Sedangkan tahap kedua pelatihan bagi atlet yang terpilih.

Selama masa karantina, seluruh atlet akan mengikuti rangkaian program pengembangan, secara pribadi dan pelatihan. Mulai dari fisik, psikologi, mental, nutrisi, strategi dan Analisis. Tak lupa mengadakan latih tanding, baik secara internal maupun eksternal. Termasuk melakukan evaluasi atlet dan Tim Pengembangan Intensif (dalam/luar negeri).

"SEA Games 2021 Hanoi, akan menjadi kesempatan emas untuk membuat nama Indonesia harum di kancah internasional, dan saya yakin atlet-atlet yang terpilih merupakan peraih-peraih emas di ajang SEA Games kelak," kata RM Ibnu Riza Pradipto, Kepala Badan Tim Nasional Indonesia.

Sedikit informasi, bahwa SEA Games 2021 akan bergulir pada bulan Mei mendatang. Berlokasi di Hanoi, Vietnam, nantinya ada 10 nomor esports yang dipertandingkan. Mulai dari Mobile Legends, PUBG Mobile (Team), PUBG Mobile (Solo), Free Fire, Arena of Valor, League of Legends Wild Rift (Men), League of Legends Wild Rift (Women), FIFA Online 4, League of Legends (PC) dan Cross Fire.

Tidak hanya atlet, tetapi juga pelatih. Di mana mereka akan mengikuti tahap finalisasi berupa latih tanding dan persiapan akhir. Untuk total pemain yang berkontribusi, jumlahnya mencapai 66 orang.

Itu merupakan total dari seluruh pertandingan. Sehingga secara keseluruhan, angkanya menyentuh 76 orang termasuk dengan para pelatih.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "PBESI Yakin Esports RI Raih 6 Medali Emas di SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)