Asyik! Game Android Sudah Bisa Dimainkan di PC Windows

Asyik! Game Android Sudah Bisa Dimainkan di PC Windows

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 20 Jan 2022 09:45 WIB
Ilustrasi google play store, Ilustrasi play store
Asyik! Game Android Sudah Bisa Dimainkan di PC Windows Foto: Dok. detikINET
Jakarta -

Bulan lalu Google mengumumkan akan memboyong game Android ke Windows lewat aplikasi Google Play Games. Kini aplikasi tersebut sudah memasuki masa beta dan gamer sudah bisa memainkan game Android di perangkat Windows.

Sayangnya, uji coba beta ini masih terbatas di tiga negara yaitu Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan. Gamer di tiga negara tersebut sudah bisa mendaftar untuk masuk ke dalam daftar tunggu, tapi yang boleh berpartisipasi dalam program beta ini hanya yang sudah mendapatkan undangan dan perangkatnya memenuhi syarat spesifikasi minimal.

Google mengatakan game Android nantinya bisa dimainkan di laptop dan desktop Windows. Gamer tidak perlu khawatir kehilangan progresnya karena Google sudah menjamin sinkronisasi antar perangkat, jadi progres game yang ada di ponsel bisa dilanjutkan dengan mudah di PC.

"Tidak lagi kehilangan progres atau pencapaian ketika berganti perangkat; ini hanya membutuhkan profil Google Play Games kalian," kata Group Product Manager Google Play Games Arjun Dayal, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (20/1/2022).

Setelah mendapatkan undangan dan akses untuk uji coba aplikasi Google Play Games, tester bisa mencoba game-game Android populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, Summoners War, State of Survival: The Joker Collaboration, dan Three Kingdoms Tactic. Secara total, gamer bisa mencoba lebih dari 25 game dalam uji coba ini.

Lewat aplikasi Google Play Games untuk PC, gamer bisa menjelajahi katalog game yang tersedia, kemudian mengunduh dan memainkan game mobile favoritnya di layar yang lebih besar sambil memanfaatkan keyboard dan mouse mereka. Gamer juga tetap akan mendapatkan Play Points saat memainkan game di PC.

Aplikasi Google Play Games juga merupakan aplikasi native Windows yang dikembangkan sendiri oleh Google. Ini juga bukan layanan streaming game, gamer harus mengunduh game untuk memainkannya.

Pengumuman Google ini datang beberapa bulan setelah Microsoft mulai mencoba aplikasi Android di perangkat Windows 11. Untuk menghadirkan aplikasi Android di Windows 11, Microsoft bekerjasama dengan Amazon dan Amazon Appstore.



Simak Video "Anak Google di Rusia Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)