Dua Polisi Dipecat Gara-gara Keasyikan Main Pokemon Go

Dua Polisi Dipecat Gara-gara Keasyikan Main Pokemon Go

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 09:45 WIB
Pokemon Go Jepang
Ilustrasi Pokemon Go. Foto: Getty Images
Jakarta -

Dua orang polisi dari Los Angeles Police Department (LAPD) dipecat pada 2017 karena keasyikan bermain Pokemon Go saat sedang bertugas, dan bandingnya baru-baru ini ditolak oleh Hakim di California.

Kelakuan kedua polisi itu, Louis Lozano dan Eric Mitchell, terungkap dari video yang direkam menggunakan kamera yang terpasang di mobil dinas mereka. Lozano dan Mitchell ketahuan tak mengindahkan permintaan bantuan dari rekannya.

Padahal rekannya itu tengah berada di situasi perampokan yang berada di dekat mereka. Mereka malah tak mempedulikan permintaan bantuan tersebut dan meninggalkan area tersebut.

Ketika ditanya kenapa mereka tidak merespon permintaan bantuan itu, Lozano dan Mitchell berkilah area tempat mereka itu sedang berisik sehingga suara radionya tak terdengar. Namun atasan keduanya tak percaya dan mengecek dashcam yang terpasang di mobil.

Dari situ terungkap kalau mereka sebenarnya mendengar permintaan bantuan tersebut namun tak mempedulikannya karena mereka memang tak mau membantu, demikian dikutip detikINET dari The Verge.

Kemudian terungkap dari rekaman kalau keduanya malah asyik membicarakan Pokemon Go, termasuk Snorlax -- salah satu Pokemon langka -- yang muncul di dekat area mereka. Lozano dan Mitchell malah mendiskusikan cara terbaik untuk menangkap Snorlax ketimbang membantu rekannya.

"Selama kurang lebih 20 menit, terekam kalau mereka mendiskusikan Pokemon dan kemudian mereka pindah ke lokasi lain tempat mahluk virtual tersebut muncul di ponsel mereka," demikian tertulis dalam laporan investigasi kasus tersebut.

Baik Lozano maupun Mitchell kemudian menepis tudingan kalau mereka sedang bermain Pokemon Go dan mengaku hanya sedang mengobrol. Mereka mencoba untuk naik banding dengan dasar bahwa sistem perekaman yang ada di dalam kendaraan mereka seharusnya tidak dipakai untuk memantau percakapan pribadi polisi. Namun Hakim kemudian menolak banding, dan mereka tetap dipecat.



Simak Video "8 Tahun Menabung, Polisi Cianjur Beli Motor Pakai Uang Koin Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)