Kisah Nintendo Hampir Jadi yang Pertama Bikin Smartphone

ADVERTISEMENT

Kisah Nintendo Hampir Jadi yang Pertama Bikin Smartphone

Josina - detikInet
Kamis, 30 Des 2021 10:15 WIB
Nintendo Game Boy
Foto: internet
Jakarta -

Konsep smartphone telah ada jauh sebelum Apple meluncurkan iPhone. Sebelumnya, banyak orang menggunakan perangkat PDA yang hampir dianggap sebagai pendahulu smartphone. Namun teernyata, Nintendo pernah berpikir selangkah lebih maju.

Menurut Liam Robertson, seorang sejarawan, peneliti, dan jurnalis video game, ia menemukan sebuah iklan Nintendo dari tahun 1990-an yang mengungkapkan bahwa perusahaan saat itu sedang mengerjakan aksesori tambahan untuk Game Boy Color.

Aksesori ini dikenal sebagai PageBoy dan ketika digunakan dengan Game Boy Color, akan memberikannya kemampuan seperti sebuah smartphone.

Melansir dari Kotaku, Game Boy Color dirilis pada tahun 1998 beberapa tahun sebelum smartphone paling awal memasuki pasar.

Pada saat itu internet masih cukup baru dan gagasan untuk membawa satu perangkat yang dapat mengirim email, menelusuri web, mengirim foto, dan streaming video langsung masih bertahun-tahun lagi.

Namun jika Nintendo jadi merilis PageBoy, maka kemungkinan kamu akan dapat melakukan semua aktivitas tersebut sambil bermain game Mario Bros.

Dalam sebuah video, Roberston mengungkapkan sejumlah besar detail dan gambar dari PageBoy yang diusulkan untuk pertama kalinya.

Perangkat ini direncanakan akan menggunakan teknologi transmisi radio untuk memungkinkan pemilik Game Boy Color mencari informasi dan membaca berita internasional, majalah game, laporan cuaca, skor olahraga, dan bahkan yang paling ambisius menonton televisi langsung.

Kisah  Nintendo Bikin Smartphone Pertama di DuniKisah Nintendo Hampir Jadi yang Pertama Bikin Smartphone Foto: Dok. Kotaku/Nintendo

Teknologi ini juga memungkinkan pengguna untuk menghubungi dan mengirim pesan kepada pemilik PageBoy lainnya. Teknologi transmisi radio pada saat itu banyak digunakan pada perangkat pager, yang sebenarnya merupakan asal nama PageBoy.

Roberston berbicara dengan beberapa orang yang bekerja pada proyek PageBoy tentang bagaimana perangkat itu muncul dan apa yang 'membunuhnya' sebelum perangkat itu muncul.

Menurut mereka yang terlibat, setelah pertemuan dengan Nintendo of America pada 1999 perusahaan sangat antusias dengan potensi PageBoy.

Dan selama tiga tahun berikutnya, Nintendo bekerja dengan Wizard sebuah grup yang dibuat untuk membantu mengelola perangkat untuk melihat apakah aksesori ini sebenarnya bisa dibuat dan menguntungkan dari sisi bisnis.

Sayangnya dengan banyaknya fitur PageBoy seperti kemampuan mengirim gambar menggunakan kamera Game Boy dan mengirim video langsung ke pemilik PageBoy melalui teknologi transmisi radio, hal ini menjadi hambatan besar.

Perangkat yang mengandalkan jaringan radio hanya ada di beberapa bagian negara tertentu, seperti Amerika Serikat di mana mereka sangat membatasi basis pelanggan perangkat.

Menurut Robertson, dia diberitahu bahwa Nintendo percaya kunci kesuksesan GameBoy adalah seberapa universal perangkat kerasnya yang memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk memainkan game yang sama dengan fitur serupa.

Dan pada akhirnya Nintendo pun dikabarkan membatalkan proyek tersebut pada Juli 2002. Namun, seperti yang diutarakan Roberston, banyak ide yang diajukan Wizard untuk PageBoy akhirnya menjadi kenyataan di tahun-tahun berikutnya.

Ide menggunakan video langsung untuk mengumumkan game ke basis penggemarnya pada dasarnya adalah Nintendo Directs dan ide mengirim pesan dan gambar lucu kepada orang-orang akan menjadi fitur di konsol Wii U dan 3DS.



Simak Video "Xbox Series Cetak Penjualan Terbaik di Kuartal Pertama 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT