Produsen AK-47 Dituding Curi Desain Senapan dari Game

Produsen AK-47 Dituding Curi Desain Senapan dari Game

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 14 Des 2021 14:49 WIB
Kalashnikov
Foto: Dok. IGN
Jakarta -

Kalashnikov, pembuat senjata populer AK-47, dituding mencuri desain senjata dari sebuah video game. Namun perusahaan asal Rusia itu menepis tudingan itu.

Dalam sebuah wawancara, CEO Ward B, Marcellino Sauceda mengaku pihaknya pernah dikontak kontraktor Kalashnikov bernama Maxim Kuzin pada awal 2020 lalu. Menurut Sauceda, Kuzin meminta izin untuk menggunakan desain shotgun Mastodon dari game Oceanic menjadi desain senjata asli.

Sebagai imbal baliknya, Ward B dijanjikan kredit penuh atas desain tersebut, logo perusahaan pada shotgun, dan tiga unit senjata aslinya. Dengan kata lain, Ward B dijanjikan mendapat publisitas penuh atas senjata tersebut.

Namun kemudian Kalashnikov tak melanjutkan pembicaraan tersebut, dan Ward B berasumsi kalau mereka tak tertarik untuk melanjutkan proyek tersebut, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (14/12/2021).

Namun pada 21 Agustus 2020, Kalashnikov merilis sebuah senjata bernama MP-155 Ultima, yang diklaim berbasis dari shotgun MP-155 mereka yang sebelumnya sudah ada.

Pada senjata baru itu, Kalashnikov menggunakan sasis berbahan aluminum dan polimer, serta punya komputer terintegrasi yang menunjukkan jumlah peluru tersisa, kompas, stopwatch, dan timer. Senjata ini juga bisa terhubung ke WiFi dan bisa dipasangi kamera, yang membuatnya menjadi benar-benar seperti senjata di game.

Lalu bentuknya pun cukup mirip dengan Mastodon, dan bahkan Kalashnikov tak malu mengungkap kalau MP-155 Ultima memang terinspirasi dari video game.

Sauceda pun berang, ia menyebut beberapa aspek dari MP-155 Ultima membuatnya seperti tiruan dari Mastodon. Seperti pelindung tangan, receiver, dan masih banyak hal lain yang membuatnya sangat mirip dengan Mastodon.

Kuzin punya pembelaan terkait masalah ini. Menurutnya perjanjian antara Kalashnikov dengan Ward B tak bisa dilangsungkan karena Ward B kekurangan dana untuk menyelesaikan game Oceanic, dan tanggal perilisannya pun tak jelas.

Menurutnya akan terlalu berisiko jika mereka tetap bekerja sama dengan Ward B. Bahkan ia pun menyebut seniman yang membuat desain Mastodon tak dibayar oleh Ward B, jadi tidak ada kepemilikan yang jelas atas desain Mastodon. Menurut Ward B, seniman pembuat desain Mastodon kini sudah dibayar, meski pembayarannya sempat ditangguhkan.

Namun yang membuat Sauceda sangat kesal adalah Kalashnikov kemudian melisensikan desain Ultima untuk game lain, yaitu Escape From Tarkov.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Pengumuman! Squid Game Bakal Diadaptasi ke Reality Show"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)