Treasure Hunter Buah Maja, Game Asli Buatan Majalengka

Treasure Hunter Buah Maja, Game Asli Buatan Majalengka

Bima Bagaskara - detikInet
Sabtu, 11 Des 2021 17:48 WIB
Treasure Hunter Game Buah Maja buatan mahasiswa Majalengka
Treasure Hunter Game Buah Maja dari Majalengka (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Aplikasi game buatan lokal makin banyak bermunculan. Kali ini ada Treasure Hunter Game Buah Maja buatan mahasiswa Majalengka.

Kemampuan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Majalengka (UNMA) dalam membuat karya digital patut diacungi jempol. Mulai dari game, animasi hingga aplikasi telah berhasil dibuat. Salah satu game yang dibuat oleh mahasiswa UNMA ini adalah Treasure Hunter Game Buah Maja.

Adalah TEKINFORDIA, komunitas mahasiswa UNMA yang meluncurkan Treasure Hunter Game Buah Maja, sebuah game yang mengusung tema kearifan lokal yakni tentang legenda buah Maja. Komunitas ini berisi 6 mahasiswa Fakultas Teknik yang mempunyai peran masing-masing dalam membuat game ini.

Dalam Treasure Hunter Game Buah Maja ini, user diajak memainkan karakter seorang pria bernama Hasan yang diceritakan tengah merawat ibunya yang sedang sakit. Hasan kemudian harus mencari buah Maja yang konon katanya dapat menyembuhkan penyakitnya ibunya.

Untuk mendapatkan buah Maja, Hasan harus melewati rintangan sungai, semak belukar dan bambu runcing. Tidak hanya itu, Ia juga harus melawan musuh seperti kelelawar, babi hutan dan monyet.

Treasure Hunter Game Buah Maja sendiri telah memenangkan penghargaan Karya Terpilih Indonesia Entrepreneur TIK dari Kementerian Kominfo tahun 2020 dan mewakili Indonesia di ajang ASEAN ICT Award 2021 di Myanmar.

Ide dibuatnya game ini berawal dari tugas akhir seorang alumni UNMA di tahun 2018 lalu yang kemudian disempurnakan oleh komunitas TEKINFORDIA. Game ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan Majalengka kepada masyarakat luas khususnya kalangan anak-anak.

"Awalnya itu dari kakak tingkat yang mengangkat cerita buah Maja supaya lebih menyebar dan dikenal masyarakat luas khususnya anak-anak sekolah gitu. Kemudian gamenya dimodifikasi sama kelompok kami," ucap Kurnia Martin yang menjadi game engineer dari Treasure Hunter Game Buah Maja saat diwawancarai detikINET, Rabu (8/12/2021).

Selain buah Maja, dalam game bergenre petualangan ini juga dimasukkan beragam elemen-elemen yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Majalengka.

"Jenis game nya itu petualangan 2 dimensi yang diambil ide ceritanya dari legenda buah Maja yang dipadukan dengan Majalengka masa kini sebagai elemen dari game itu sendiri. Elemen Majalengka masa kini dilihat dari landmark yang ada sekarang, kita masukan di background dalam game ini," katanya.

Ia menjelaskan, cara main dari game ini adalah user harus mengumpulkan buah mangga gedong gincu untuk menambah nyawa serta mencari 3 buah kujang untuk membuka gerbang ke level selanjutnya.

Setelah semua level berhasil dilewati, karakter Hasan baru bisa mendapat buah Maja. Karakter Hasan di dalam game ini dibekali dengan 5 nyawa yang bisa berkurang karena diserang oleh musuh.

Untuk saat ini, Treasure Hunter Game Buah Maja baru bisa dimainkan PC Windows dan smartphone Android. Namun belum tersedia di Google Playstore. Ke depannya, TEKINFORDIA berencana untuk lebih mengembangkan game ini.

"Sekarang baru bisa dimainkan untuk PC di Windows sama gadget Android. Di Playstore juga belum baru tersedia, baru ada di website UNMA saja. Rencana ke depannya mungkin ada perubahan yang lebih terkini, terus ada penambahan lainnya supaya bisa dimainkan di semua platform dan masuk Playstore," tandasnya.



Simak Video "Duckie Land Siap Melantai di Indodax 28 April"
[Gambas:Video 20detik]
(ern/fay)