IGRS Ajak Orang Tua Pahami Game Lewat Aplikasi Gimbot

IGRS Ajak Orang Tua Pahami Game Lewat Aplikasi Gimbot

Inkana Putri - detikInet
Selasa, 07 Des 2021 16:00 WIB
IGRS Ajak Orang Tua Pahami Game Lewat Aplikasi Gimbot
Foto: Freepik
Jakarta -

Pengawasan orang tua saat anak bermain game menjadi hal penting. Pasalnya, saat ini telah muncul berbagai macam genre game mulai dari action, role player, first person shooter, hingga real time strategy.

Banyaknya genre tersebut tak jarang membuat anak-anak bermain game yang tidak sesuai dengan usianya. Jika dibiarkan, hal ini bisa berdampak negatif bagi masa depan anak.

Melihat kondisi ini, Indonesia Game Rating System (IGRS), inisiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, mengajak orang tua untuk memahami game melalui aplikasi Gimbot: Gim Bimbingan Orang Tua. Direktur Ekonomi Digital, I Nyoman Adhiarna mengatakan melalui aplikasi ini, orang tua dapat memahami rating game dan konten yang cocok untuk anak.

"Aplikasi Gimbot hadir utamanya untuk memberikan informasi rating game kepada orang tua, sehingga orang tua bisa dapat gambaran tentang konten game yang dimainkan anak, dan bisa merekomendasikan tepat atau tidaknya game tersebut dimainkan oleh anak," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Lebih lanjut, Adhiarna menambahkan aplikasi ini juga menyajikan visual menarik untuk menggambarkan konten-konten yang bisa dimainkan anak berdasarkan tahapan usia. Dengan demikian, informasi yang disampaikan akan lebih mudah diterima orang tua maupun para pengguna game. Selain itu, narasi terkait konten-konten game juga sesuai dengan usia anak dan digambarkan secara konkret dan lebih realistis.

Ke depannya, ia menyebut IGRS nantinya juga akan berkontribusi terhadap industri game. Dalam hal ini, Kemenkominfo akan menggandeng berbagai pihak untuk melakukan sosialisasi IGRS kepada masyarakat, khususnya para orang tua.

"Selain mengedukasi orang tua tentang rating game, pemahaman orang tua atas sebuah pilihan game melalui aplikasi Gimbot akan memberikan dampak lain kepada industri game. Dalam hal ini, Kominfo bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pengembang game, penerbit game, asosiasi dan berbagai komunitas masyarakat untuk terus menyosialisasikan IGRS dan aplikasi Gimbot kepada orang tua, para guru, dan masyarakat luas," katanya.

Adhiarna menjelaskan saat ini aplikasi Gimbot: Gim Bimbingan Orang Tua telah tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh gratis dengan beberapa langkah berikut.

  1. Buka Google Play Store
  2. Cari 'Aplikasi Gimbot: Gim Bimbingan Orang Tua' di search bar
  3. Unduh dan tunggu hingga aplikasi ter-install di ponsel

"Setelah aplikasi ter-install, masukkan nama anak sesuai dengan usianya. Kemudian, orang tua disajikan dengan beberapa pertanyaan terkait konten game dan pilihan ganda tentang kesesuaian usia anak dengan narasi yang dijabarkan. Jika orang tua sudah menentukan pilihan, ada poin yang bisa didapatkan," pungkasnya.

Sebagai informasi, informasi lainnya tentang rating game bisa didapatkan melalui Instagram dan Twitter @gameratingid, dan Facebook Page Indonesia Game Rating System atau cek di https://igrs.id/.



Simak Video "Sutradara Buka Suara soal 'Squid Game 2' dan 'Squid Game 3'"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/fay)