Sony Bakal Bakal Punya Layanan ala Xbox Game Pass

Sony Bakal Bakal Punya Layanan ala Xbox Game Pass

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 05 Des 2021 11:33 WIB
Xbox Series X vs PS5
Sony Bakal Bakal Punya Layanan ala Xbox Game Pass. Foto: Tom's Guide
Jakarta -

Sony disebut bakal membuat layanan mirip Xbox Game Pass, di mana pelanggannya bisa memainkan game-game yang ada di katalog tanpa perlu membeli gamenya.

Ya, saat ini Sony memang sudah punya dua layanan berlangganan, yaitu PlayStation Plus yang dibutuhkan untuk memainkan game multiplayer secara online dan PlayStation Now yang menawarkan sejumlah game tertentu yang bisa diunduh ataupun dimainkan secara streaming.

Namun kedua layanan itu kabarnya akan digabungkan, dan nama yang akan dipakai kemungkinan adalah PlayStation Plus, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (5/12/2021).

Layanan ini secara internal diberi nama 'Spartacus', dan bakal punya tiga tier. Tier pertama akan berisi segala yang yang sebelumnya ada di PlayStation Plus, lalu tier kedua berisi katalog game PS4 dan nantinya juga game PS5, sementara tier ketiga berisi demo game, game streaming, dan katalog game PS1, PS2, PS3, dan PSP.

PlayStation Plus baru ini tampaknya selain tersedia untuk pengguna PS5 juga akan bisa dinikmati oleh pengguna PS4. Perilisannya sendiri kabarnya akan terjadi pada musim semi 2022 mendatang.

Sony tentu belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait layanan ala Xbox Game Pass ini. Pun belum diketahui juga apakah layanan ini akan berjalan di atas Microsoft Azure, yang kontrak kerja samanya sudah ditandatangani sejak 2019 lalu.

Menarik jika benar layanannya berjalan di atas Azure, yang artinya Sony menggunakan platform yang sama dengan kompetitornya.

Xbox Game Pass sendiri -- terutama tier Ultimate -- bisa dibilang adalah keunggulan utama Xbox dibanding konsol besutan Sony. Bisa dibilang layanan ini adalah Netflix-nya game, di mana pelanggannya bisa mengakses dan memainkan game secara gratis dari katalog yang ada, dengan biaya berlangganan yang relatif terjangkau. Yaitu USD 15 per bulan (atau bahkan bisa lebih murah).

Tak cuma itu, pelanggan Xbox Game Pass Ultimate pun bisa mengakses game terbaru yang dibuat oleh Microsoft sejak hari pertama game tersebut dirilis. Namun tampaknya fitur yang ini tak akan ada di PlayStation Plus.



Simak Video "Selain Perangkat Gaming, Sony Kenalkan Mobil Listrik di CES 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)