Now.gg Tawarkan Monetisasi Game Lewat NFT

Now.gg Tawarkan Monetisasi Game Lewat NFT

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 20 Nov 2021 17:13 WIB
Now.gg
Foto: Dok. now.gg
Jakarta -

Now.gg, saudara dari pembuat emulator Android Bluestacks, merilis platform mobile cloud untuk para developer, yang menawarkan monetisasi game lewat non-fungible token (NFT).

Perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, AS, ini menawarkan platform-as-a-service (PaaS), yang menargetkan para developer game. Keunggulan yang ditawarkannya bermacam, namun yang utama adalah monetisasi game yang diklaim lebih menguntungkan dari platform lain.

Lazimnya platform pemasaran game menetapkan potongan 30% untuk setiap transaksi, sementara Now.gg -- setidaknya untuk saat ini -- hanya menerapkan potongan 5%, alias 95% akan didapat oleh developer pembuat gamenya.

Namun tak cuma itu yang diandalkan, mereka pun menawarkan sesuatu yang diklaim benar-benar baru, yaitu cloud payment dan monetisasi berbasis NFT untuk game mobile yang dijajakan lewat cloud, Play Store, dan App Store.

NFT menggunakan sistem keamanan dan transparansi dari digital ledger di blockchain untuk mengotentifikasi sebuah item digital. Nah, monetisasi berbasis NFT yang dipakai Now.gg ini bakal menciptakan kesempatan pemasukan baru bagi developer, tak cuma dari game, melainkan dari gift card, fan art, dan hal-hal lain terkait gamenya.

"Dua tren terbesar yang mempengaruhi perkembangan game saat ini adalah meningkatnya biaya akuisisi pelanggan, yang dipicu oleh IDFA, dan ledakan volume perdagangan NFT," kata Rosen Sharma, CEO, Now.gg, dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Contohnya, volume perdagangan dan transaksi NFT belakangan ini telah melampaui 4 miliar USD per bulannya, yang jika dihitung pertahun, pendapatan dari transaksi itu adalah sekitar setengah pendapatan dari pasar mobile global," tambahnya.

Pembayaran cloud Now.gg dikembangkan sebagai jawab atas permintaan atas lonjakan popularitas game mobile international, permintaan atas margin fee yang lebih besar, dan ledakan perdagangan NFT di pasaran.

Meskipun pasar game seluler diproyeksikan menjadi USD 29,1 miliar pada tahun 2022, hanya 5% dari gamer mobile saat ini yang melakukan pembelian dalam aplikasi secara langsung, yang menyisakan banyak uang untuk pengembang yang tidak terjamah.

Pembayaran top-up cloud secara signifikan meningkatkan margin dari pengguna yang membayar. Setelah pengembang game mengintegrasikan pembayaran cloud Now.gg, para gamers dapat pergi ke situs web pengembang/publisher game game untuk melakukan pembayaran isi ulang, menggunakan uang sungguhan atau mata uang kripto seperti BTC, TC, ETH, DOGE.

"Kami yakin ini akan menjadi peluang monetisasi yang jauh lebih besar daripada model konvensional yang ada di pasaran. Margin pengembang/publisher dan kebebasan pengguna yang ditawarkan ini bersifat transformatif - dan ini adalah masa depan industri gaming," tutup Sharma.



Simak Video "Ssstt.. Ini Rahasia Biar NFT Laku Keras di Pasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)