Pikmin Bloom Telah Rilis dan Sudah Mencapai 2 Juta Unduhan

Pikmin Bloom Telah Rilis dan Sudah Mencapai 2 Juta Unduhan

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 16 Nov 2021 10:45 WIB
Pikmin Bloom Telah Rilis dan Sudah Mencapai 2 Juta Unduhan
Pikmin Bloom Telah Rilis dan Sudah Mencapai 2 Juta Unduhan (Foto: Google Play Store)
Jakarta -

Pikmin Bloom, game hasil kolaborasi antara Nintendo dan Niantic, resmi rilis di Android dan iOS. Permainan daring ini, telah menyentuh total 2 juta unduhan sejak peluncuran.

Hasilnya cukup baik, mengingat angka tersebut bisa didapatkan hanya dalam waktu dua minggu pertamanya. Di mana game ini, sebelumnya telah merapat ke Google Play dan App Store, pada 26 Oktober lalu.

Menurut data Sensor Tower, Pikmin Bloom telah diunduh oleh 2 juta gamer. Berasal dari pemain Jepang di posisi pertama, lalu negara kedua berasal dari Amerika Serikat dan ketiga, yakni Inggris, dikutip detikINET dari Eurogamer, Selasa (16/11/2021).

Kendati begitu, bila dibandingkan dengan game Niantic lainnya, sayangnya belum bisa mengalahkan kepopuleran dari Pokemon GO. Jumlah unduhan yang diperoleh mencapai 75 juta download dalam dua minggu pertama. Lalu ada Harry Potter: Wizards Unite, dengan angka lebih rendah, yaitu 12,4 juta unduhan.

Bila menilik dari segi pendapatan sendiri, Pikmin Bloom masih belum bisa menyaingi pendahulunya. Sejauh ini, sejak diluncurkan, ia baru mencapai pendapatan USD 473 ribu atau sekitar Rp 6,7 miliar.

Sedangkan dalam periode waktu yang sama, Harry Potter: Wizards Unite bisa menghasilkan USD 8 juta atau sekitar Rp 113 miliar. Kemudian Pokemon Go, lebih besar hingga USD 116 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun.

Pikmin Bloom sendiri menyajikan mekanik permainan lebih sederhana, dibandingkan berburu Pokemon. Pemain hanya perlu berjalan, agar bisa menumbuhkan bunga-bunga di sepanjang jalan dan mengumpulkan Pikmin lebih banyak.

Di awal permainan, kalian akan diminta untuk melakukan tutorial, dengan berjalan 10 langkah. Kemudian gamer dibekali dua Pikmin berwarna merah, di mana bisa diberi makan agar dapat terus tumbuh dan menemani perjalanan kalian menyuburkan bunga-bunga yang indah.

Game ini juga menyisipkan fitur Augmented Reality (AR), untuk membawa para karakter lucu tersebut ke dalam dunia nyata. Cukup mengarahkan kamera ke tempat Pikmin berada, maka pemain sudah dapat melihatnya seolah-olah ada di sekitar pemain.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)