Masalah Drift di Joy-Con Nintendo Switch Tak Bisa Dihilangkan

Masalah Drift di Joy-Con Nintendo Switch Tak Bisa Dihilangkan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 11 Okt 2021 10:45 WIB
Wujud Asli Nintendo Switch OLED Muncul di Publik, Bagaimana Bentuknya ya?
Nintendo Switch OLED. Foto: Dok. Nintendo
Jakarta -

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan pengguna Nintendo Switch adalah drifting di kontroler Joy-Con. Menurut Nintendo, masalah ini akan tetap ada selamanya.

Sebagai informasi, drift adalah saat kontroler memberikan input gerakan meski pengguna tak menyentuh kontroler. Nintendo selama ini tak membuka mulutnya soal masalah ini, dan bahkan menolak menjawab apakah isu ini ada di Nintendo Switch OLED terbaru.

Namun kini akhirnya mereka angkat bicara soal masalah drifting ini, dan dari jawabannya, bisa diasumsikan kalau masalah ini akan tetap terjadi sekalipun Nintendo terus meningkatkan kualitas Joy-Con.

Selama ini Nintendo memang terus meningkatkan kualitas Joy-Con. Kontroler yang dipakai di Switch Lite keluaran 2019 tidak sama dengan Switch keluaran 2017. Namun Masalah drift akan tetap muncul sejalan dengan durasi pemakaian, layaknya sebuah ban mobil.

"Ya, contohnya seperti ban mobil yang menipis saat mobil terus dipakai, karena mereka terus menerus bergesekan dengan jalanan saat berputar. Jadi dengan dasar yang sama, kami bertanya pada diri sendiri, bagaimana kami bisa meningkatkan ketahanannya, dan tak cuma itu, namun bagaimana caranya operasibilitas dan durabilitas bisa berjalan bersama? Ini adalah sesuatu yang berusaha kami pecahkan," ujar Ko Shiota, GM Technology Development Division di Nintendo.

Menurutnya, joystick yang ada di Switch OLED adalah versi terbaru yang dilengkapi semua peningkatan dibanding joystick sebelumnya. Sementara itu Toru Yamashita, Deputy GM Technology Development Division di Nintendo, menyebut setiap memperbaiki Joy-Con di Switch generasi sebelumnya, komponen yang dipakai adalah yang terbaru.

"Komponen analog-stick terus-menerus ditingkatkan sejak pertama diluncurkan dan kami terus mengembangkan peningkatannya," ujar Yamashita, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (11/10/2021).



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)