Cuan Terus! Genshin Impact Raup Rp 28 Triliun dalam Setahun

Cuan Terus! Genshin Impact Raup Rp 28 Triliun dalam Setahun

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 01 Okt 2021 18:24 WIB
Genshin Impact Versi PS5 Resmi Merapat Pada 28 April 2021
Cuan Terus! Genshin Impact Raup Rp 28 Triliun dalam Setahun Foto: (blog.playstation)
Jakarta -

Genshin Impact baru saja merayakan ulang tahun pertamanya. Di tahun pertamanya, game gacha ini terbilang sukses besar dan dilaporkan berhasil meraup USD 2 miliar atau sekitar Rp 28 triliun.

Perusahaan analitik Sensor Tower melaporkan Genshin Impact memperoleh pendapatan sebesar USD 2 miliar sejak diluncurkan pada 28 September 2020. Dengan pencapaian ini, Genshin Impact mengalahkan Pokemon Go dan menjadi game terlaris ketiga di dunia dari segi pendapatan.

Posisinya berada di bawah PUBG Mobile yang meraup USD 2,8 miliar dalam setahun terakhir. Di posisi pertama ada Honour of Kings yang memperoleh USD 2,9 miliar dalam periode yang sama.

Sejak diluncurkan tahun lalu, Genshin Impact memang terus cuan. Hanya enam bulan setelah rilis, game buatan miHoYo ini sudah meraup USD 1 miliar. Sebagai perbandingan, Pokemon Go membutuhkan sembilan bulan untuk mendapatkan pemasukan USD 1 miliar.



Pemasukan Genshin Impact datang dari penjualan Genesis Crsytals yang kemudian bisa diubah menjadi Primogems dan digunakan untuk 'memanggil' karakter atau senjata yang diinginkan. Setiap ada karakter bintang lima yang baru rilis, biasanya pemain Genshin Impact mengeluarkan USD 12 juta per hari, seperti dikutip dari Kotaku, Jumat (1/10/2021).

Sensor Tower mengatakan China masih menjadi pasar terbesar bagi Genshin Impact. Gamers di Negeri Tirai Bambu menyumbangkan USD 577 juta atau 28,6% dari total pemasukan global Genshhin Impact.

Jepang berada di posisi kedua dengan kontribusi sebesar 23,7%, dan Amerika Serikat berada di posisi selanjutnya dengan menyumbangkan 21% dari total pemasukan.

Angka USD 2 miliar yang dilaporkan oleh Sensor Tower hanya mencakup pendapatan yang diperoleh dari Apple App Store dan Google Play Store, dan tidak mencakup pendapatan dari PC dan PlayStation. Jadi total pendapatan mereka tentu lebih tinggi dari yang dilaporkan.

Tapi performa seperti ini hanya bisa berlanjut jika Genshin Impact berhasil membuat pemain terus merasa senang. Belakangan ini, ulang tahun pertama Genshin Impact dibanjiri kritikan hingga review bintang satu karena dianggap pelit saat membagikan reward ulang tahun padahal sudah dibantu meraup miliaran dolar.

Menghadapi kritikan dari pemain, Genshin Impact kemudian memberikan hadiah ulang tahun yang lebih banyak. Sejak kemarin, mereka membagikan 400 Primogems per hari serta item seperti wing glider dan condensed resin.



Simak Video "Deretan Game Tencent Balik Lagi di Huawei Apps Store"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)