Apa Fungsi Sebenarnya Ray Tracing di PS5?

Apa Fungsi Sebenarnya Ray Tracing di PS5?

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 10 Sep 2021 15:12 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Apa Fungsi Sebenarnya Ray Tracing di PS5? (Foto: Unsplash/RRQ)
Jakarta -

PS5, sebagai konsol next-gen besutan Sony, telah mendukung Ray Tracing. Kendati begitu, apa manfaat dari fitur tersebut dan bagaimana cara kerjanya?

Seperti dihimpun detikINET dari Screenrant, Jumat (10/9/2021), peranannya sebagai efek pencahayaan yang lebih realistis dalam game. Sehingga memungkinkan untuk membuat refleksi di cermin, genangan air dan sejenisnya menjadi lebih nyata.

Ray Tracing memang sengaja disisipkan oleh Sony, sebagai nilai jual untuk konsol terbarunya. Hal ini bersamaan, dengan kemampuan kontrol DualSense baru dan loading cepat dari SSD yang tersemat di PS5.

Ray Tracing sendiri dibuat menggunakan proses yang disebut 'Rasterisasi'. Melibatkan pengambilan objek 3D di dunia game dan mengubahnya menjadi 2D pixel, untuk ditampilkan di layar pemain.

Kemudian desainer menambahkan pemrosesan pixel atau di sini maksudnya bayangan, ke dalam pemandangan. Lalu mengubah pencahayaan dan warna objek, disesuaikan dengan sumber cahaya yang sebelumnya telah ditentukan.

Beberapa game PlayStation sendiri, telah menggunakan rasterisasi dengan sangat baik. Ambil contoh grafis dari Horizon Zero Dawn dan God of War, yang mampu memberikan efek pencahayaan amat mengesankan.

Permasalahannya, rasterisasi memerlukan efek cahaya untuk di-prarender menjadi pemandangan. Kondisi ini menyebabkan tetap statis, di lingkungan yang berubah.

Maka dari itu, Ray Tracing hadir untuk memperbaiki masalah tersebut. Sehingga memungkinkan pengembang, membuat efek pencahayaan dan bayangan realistis, dapat berubah secara otomatis meskipun lingkungan berubah.

Algoritma yang tersedia mampu mensimulasikan perilaku dari sinar cahaya di dunia nyata. Keadaan ini, memungkinkan desainer game PS5, meningkatkan grafis dengan sinar cahaya virtual, guna menciptakan pantulan lebih akurat.

Sehingga, mereka bisa memantulkan permukaan dengan benar dan menghasilkan bayangan lebih dalam. Itu semua terjadi secara real time.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)