Upgrade PS4 ke PS5 Tidak Lagi Gratis Untuk Game Eksklusif Sony

Upgrade PS4 ke PS5 Tidak Lagi Gratis Untuk Game Eksklusif Sony

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 07 Sep 2021 19:15 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Upgrade PS4 ke PS5 Tidak Lagi Gratis Untuk Game Eksklusif Sony (Foto: Unsplash/RRQ)
Jakarta -

Jim Ryan, President & CEO Sony Interactive Entertainment, mengungkapkan bahwa upgrade judul eksklusif PS4 dan PS5 tidak lagi gratis. Ke depannya, akan dikenakan biaya sebesar USD 10 atau sekitar Rp 142 ribu.

"Ini juga berlaku untuk God of War dan Gran Turismo 7 berikutnya dan judul eksklusif lintas generasi PS4 dan PS5 lainnya, yang nantinya diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment," tulis Ryan, dikutip detikINET dari Blog PlayStation, Selasa (7/9/2021).

Sayangnya, tidak semua gamer setuju dengan keputusan yang diambil oleh PlayStation. Akun bs4mykneemiss, membeberkan pendapatnya bahwa harga tersebut hampir sama dan seharusnya gratis.

"Jadi edisi yang lebih mahal tidak memiliki kasetnya, bahkan ketika ada versi SteelBook? Anda bercanda? Begitulah cara Anda kehilangan penjualan edisi itu, setidaknya dari saya," tulis akun The Big Boss2027 di kolom komentar.

Akan tetapi, sepertinya ini menjadi alternatif yang lebih baik. Dibandingkan penggemar harus membeli game baru, bila ingin memainkan di konsol berbeda.

Seperti kejadian baru-baru ini, di mana sempat membuat fans kecewa, terkait judul baru Horizon Forbidden West. Dikabarkan sebelumnya, bahwa sekuel dari Horizon Zero Dawn ini, tidak mendapatkan akses gratis untuk peningkatannya dari PS4 ke PS5.

Kendati begitu, Sony akhirnya mendengarkan kritikan para penggemar dan membuatnya menjadi gratis. Namun hal yang harus diingat, yakni upgrade gratis hanya berlaku untuk game Horizon saja, tidak bagi game eksklusif PlayStation ke depannya.

Sementara itu, nampaknya gamer harus mengalokasikan dana lebih banyak, jika ingin memainkan game PS5. Shawn Layden, mantan bos PlayStation, menjelaskan bahwa biaya pengembangannya berlipat ganda dalam biaya setiap platform.

Contohnya, anggaran biaya produksi game PS4 sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun. Sedangkan, pengerjaan untuk PS5 mencapai angka USD 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)