PS5 Model Baru Lebih Panas Dari Versi Original, Mungkin Ini Penyebabnya

PS5 Model Baru Lebih Panas Dari Versi Original, Mungkin Ini Penyebabnya

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 31 Agu 2021 06:45 WIB
PS5
PS5 Model Baru Lebih Panas Dari Versi Original, Mungkin Ini Penyebabnya (Foto: istimewa)
Jakarta -

Seorang Youtuber bernama Austin Evans, mengungkapkan bahwa PS5 model baru lebih panas. Diketahui penyebabnya, karena heat sink yang disematkan di dalam perangkat ini berbeda dari versi awalnya.

Nampaknya ada sebuah pertaruhan yang dilakukan oleh Sony. Bobot versi terbaru memang terbilang lebih ringan 300 gram, akan tetapi, mereka harus mengorbankan salah satu perangkat, yakni sistem pendingin.

Lalu heat sink di dalamnya juga mengandung lebih sedikit tembaga, yang kemungkinan terjadi akibat COVID-19 dan menyebabkan harga logam naik. Evans juga telah menguji tes suhunya, di mana terungkap bahwa model baru berjalan 3 derajat Celcius lebih panas, dikutip detikINET dari Screenrant, Selasa (31/8/2021).

Dalam video yang diunggah di channel Youtube pribadinya, Evans mengoprek keseluruhan perangkat milik Sony ini. Ia menguji berbagai hal, tidak hanya suhu, juga daya yang dihasilkan.

Hingga akhirnya, menemukan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan di bagian heat sink. Pada PS5 terbaru, kurang lebih hanya mendapatkan setengah komponen dari versi original.

Ketika disejajarkan, beberapa bagiannya pun tampak berbeda, mulai dari tata letak dan ukuran yang disajikan. Bahkan setelah ditimbang, berat untuk versi original, yakni 1.639 gram dan model baru 1.368 gram.

Ia dan temannya pun mengatakan, mungkin hal tersebut yang membuatnya lebih panas. Kendati begitu, suara yang dihasilkan lebih tenang dan tidak berisik.

Evans menambahkan, meskipun peningkatan suhu tidak terlalu drastis, dalam hal pendinginan, ia masih akan memilih konsol PS5 versi original dibandingkan baru.

Sebenarnya, para penggemar sudah meminta konsol baru tersebut lebih ringan, sejak sebelum peluncurannya dan itu terwujud. Kabarnya pun telah menyambangi toko-toko di Jepang dan Australia.

PS5 versi original memiliki berat 3,9 kg. Sedangkan versi baru sedikit lebih ringan, yaitu 3,6 kg.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)