Nintendo Menang Gugatan, Situs Game Bajakan Didenda Rp 30 Miliar

Nintendo Menang Gugatan, Situs Game Bajakan Didenda Rp 30 Miliar

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 19 Agu 2021 10:45 WIB
NIntendo Switch Game
Nintendo Menang Gugatan, Situs RomUniverse Denda Rp 30,1 Miliar (Foto: istimewa)
Jakarta -

Nintendo, baru-baru ini memenangkan gugatan yang dilayangkannya kepada situs bernama RomUniverse. Alhasil, portal download game bajakan tersebut harus membayar denda sebanyak USD 2,1 juta atau sekitar Rp 30,1 miliar.

Tidak hanya itu, sebagai operator dari RomUniverse, warga Los Angeles, Matthew Storman, harus menutup permanen website yang dikelolanya. Awalnya, memang permintaan tersebut ditolak oleh pengadilan.

Namun, setelah melihat kembali masalah yang terjadi, ada beberapa hal yang membuat pengadilan memutuskan website itu ditutup karena jika tidak, besar kemungkinan RomUniverse akan kembali beroperasi.

"Bukti penggugat menunjukkan ancaman pelanggaran lanjutan berdasarkan pernyataan tergugat, bahwa ia dapat meluncurkan kembali situs webnya yang sebelumnya berisi permainan berhak cipta penggugat," dikutip detikINET dari IGN Asia Tenggara, Kamis (19/8/2021).

Storman pun mengeluarkan pernyataan bahwa peluncuran kembali situsnya tidak akan menyertakan game Nintendo. Akan tetapi permintaan tersebut ditolak oleh pengadilan.

Perintah tersebut juga termasuk melarang RomUniverse untuk menyalin, mendistribusikan, menjual atau bahkan memainkan salinan tidak sah Nintendo. Menggunakan merek dagang, logo atau nama Nintendo dengan cara apapun juga tidak diperbolehkan.

Terakhir, Hakim Marshall memerintahkan Storman untuk menghancurkan seluruh game Nintendo bajakan yang ia miliki.

"Terdakwa harus secara permanen, menghancurkan semua game Nintendo yang tidak sah atau salinan tidak sah lainnya, dari kekayaan intelektual Nintendo termasuk film, buku dan musik paling lambat 17 Agustus 2021," tutup Hakim Marshall.

Sebenarnya, Nintendo sudah mengajukan gugatan sejak tahun 2019 lalu. Diketahui, situs web tersebut memfasilitasi pelanggaran hak cipta online, besar-besaran dari banyak judul Nintendo yang populer.

Developer game Super Mario ini menyatakan bahwa RomUniverse memiliki 375 ribu anggota dan mencatat sebanyak ratusan ribu kopi video game telah diunduh secara ilegal. Ini termasuk hampir 300 ribu salinan game Nintendo Switch dan lebih dari 500 ribu kopi game Nintendo 3DS bajakan.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)