Penjualan PS5 Tembus 10 Juta Unit

Penjualan PS5 Tembus 10 Juta Unit

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 29 Jul 2021 10:30 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Foto: (Unsplash/RRQ)
Jakarta -

PlayStation 5 (PS5) menjadi konsol Sony yang paling cepat terjual, dengan penjualan mencapai 10 juta unit, naik dari 7,8 juta unit pada April lalu.

Tingginya penjualan ini menjadikan PS5 sebagai konsol paling cepat terjual dalam sejarah Sony, menyalip PS4, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (29/7/2021).

Meski begitu, ada hal yang masih menghambat penjualan PS5 saat ini. Yaitu pasokan yang terbatas dan membuat para calon pembeli sulit menemukan PS5 di pasaran, yang salah satunya terjadi karena kelangkaan chip secara global.

"Meski PS5 sudah menyebar di banyak pengguna lebih cepat dibanding semua konsol kami sebelumnya, kami masih punya banyak pekerjaan karena pasokan PS5 selalu tidak bisa memenuhi permintaan pasar," ujar Jim Ryan, presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment.

"Saya ingin para gamer mengetahui kalau meskipun kami terus mendapat masalah unik di seluruh dunia yang berdampak pada industri kami dan lainnya, meningkatkan jumlah pasokan menjadi prioritas utama SIE," tambahnya.

Selain jumlah penjualan PS5, Sony pun memamerkan sejumlah hal lain. Seperti game Spider-Man: Miles Morales yang sudah terjual lebih dari 6,5 juta kopi sejak November, lalu Ratchet & Clank: Rift Apart yang terjual 1,1 juta kopi sejak diluncurkan bulan lalu, dan Returnal yang terjual lebih dari 560 ribu kopi sejak April.

Langkah Sony yang mengungkap jumlah penjualan konsol ini tak dilakukan oleh Microsoft, tepatnya sejak Xbox One. "Xbox Series S dan X adalah konsol kami yang paling cepat terjual," ujar CEO Microsoft Satya Nadella.

Daniel Ahmad, analis senior dari Niko Partners, memperkirakan kalau jumlah penjualan Xbox Series S dan X mencapai 6,5 juta unit pada 30 Juni lalu.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)