Dukungan Buat Pengembang Game RI Agar Go Internasional

Dukungan Buat Pengembang Game RI Agar Go Internasional

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 28 Jul 2021 23:00 WIB
Indonesia Game Developer eXchange Dukung Pengembang RI Go Internasional
Indonesia Game Developer eXchange Dukung Pengembang RI Go Internasional (Foto: Screenshoot IGDX)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), memajukan game Tanah Air. Mengadakan event bertajuk Indonesia Game Developer eXchange (IGDX), mendorong industri game lokal untuk go global.

Banyak kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari IGDX Business, IGDX Conference dan acara terbaru, yaitu IGDX Academy. Nantinya, selama tiga bulan, pengembang lokal mendapatkan arahan dari para mentor yang memang sudah berpengalaman tinggi di Industri game, dikutip detikINET dari konferensi press online IGDX, Rabu (28/7/2021).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, mengungkapkan bahwa ini bisa menjadi sebuah ajang yang bertujuan, untuk mewadahi pelaku industri game global dengan industri game lokal.

"Selain itu, juga menjadi sarana peningkatan kualitas SDM industri game tanah air dan showcase bagi karya industri game dalam negeri," kata Samuel.

Pelaksanaan event IGDX sendiri akan digelar mulai dari Oktober - November 2021. Diharapkan, dengan lebih banyak rangkaian kegiatan yang terselenggara, mampu memberikan dampak positif bagi industri game dalam negeri.

Tiga kegiatan yang dihelat, salah satunya, yaitu IGDX Academy, merupakan kegiatan mentorship yang diberikan oleh mentor-mentor berpengalaman di industri game. Mereka siap membantu mengarahkan produk dan mengembangkan studio game agar tumbuh dan berhasil.

Beberapa mentor yang akan bergabung, antara lain Benjamin Chevalier (Mighty Bear Games), Carmen Shen (Garena), Langer Lee (Mixi Inc), Jason Della Rocca, Rami Ismail, Shieny Aprilia (Agate), dan Kris Antoni (Toge Productions).

Sedikit informasi, event ini merupakan program, di mana Kominfo dan AGI bukan memberikan dana, akan tetapi, pelatihan-pelatihan yang dapat membuat developer berkembang. Nantinya, para studio game lokal tersebut akan dipertemukan dengan para calon investor.

"Jadi memang, program yang kita laksanakan sekarang ini, yaitu HUB.ID dan IGDX memberikan pelatihan, fasilitas dan bila diuangkan jumlahnya cukup besar. Karena kami juga menghadirkan narasumber, speaker dan trainer kelas atas," kata Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng, Plt. Direktur Ekonomi Digital Kominfo.



Simak Video "50.000 Talenta Digital untuk Hilirisasi Ekonomi Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)