Anak Ketagihan Belanja Game, Xbox Tawarkan Solusinya

Anak Ketagihan Belanja Game, Xbox Tawarkan Solusinya

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 16 Jul 2021 15:15 WIB
Cara Xbox Membantu Orang Tua Mengatasi Anak Ketagihan Belanja Game
Cara Xbox Membantu Orang Tua Mengatasi Anak Ketagihan Belanja Game (Foto: (Xbox)
Jakarta -

Xbox menghadirkan pembaruan untuk aplikasi mereka, yakni Xbox Family. Perangkat lunak pintar ini, dapat membatasi aktivitas anak dalam melakukan pembelian di luar atau dalam game.

Seperti dilansir detikINET dari situs Xbox, Jumat (16/7/2021), Xbox Family telah hadir sejak tahun lalu. Tujuan dikembangkannya aplikasi ini adalah memudahkan orang tua, untuk mengelola game anak-anak mereka.

Setelah mendengarkan banyak masukan dari para orang tua, Xbox pun melakukan update beberapa fitur baru, untuk mengelola pengeluaran anak dalam game. Pembaruan yang disuguhkan mulai dari mengatur batas pengeluaran, notifikasi bertanya sebelum membeli, melihat saldo rekening dan riwayat pengeluaran anak.

Para orang tua bisa mengaksesnya secara gratis melalui Android dan iOS. Mereka bisa membuatkan akun anak, kemudian melakukan beberapa pengaturan sederhana, agar dapat mengantisipasi aktivitas yang tidak diinginkan dalam bermain game.

Keuntungan lain yang ditawarkan, mulai dari mengatur batas waktu pemakaian perangkat, menanggapi notifikasi yang muncul, mengelola dengan siapa anak dapat bermain dan berkomunikasi di dalam game. Ini merupakan cara Xbox untuk menciptakan keseimbangan yang tepat antara bermain game, dengan kehidupan sehari-hari.

Sehingga memastikan si kecil memiliki waktu sekolah, melakukan pekerjaan rumah, olahraga dan menghabiskan waktu bersama teman-teman. Bisnis microtransactions yang disematkan beberapa developer dan publisher, memang terkadang meresahkan beberapa orang tua.

Seperti yang dialami oleh Ririn pada tahun 2019, seorang ibu asal Kediri, Jawa Timur, terkejut melihat tagihan game online anaknya mencapai Rp 11 juta. Berbekal email dan nomor telpon, anaknya dapat melakukan pembelian diamond dari tiga game online seperti Free Fire, Mobile Legends, dan Minecraft melalui Google Play.

Selain pengawasan langsung dari orang tua, sepertinya memang harus diciptakan aplikasi atau fitur tambahan di dalam game, untuk mengelola aktivitas yang tidak diinginkan. Hal ini agar kejadian serupa seperti yang Ririn, tidak terulang kembali.



Simak Video "Xbox Tampilkan Bocoran Game yang Akan Dirilis Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)