Valve Rilis Steam Deck, Konsol Game PC Pesaing Nintendo Switch

Valve Rilis Steam Deck, Konsol Game PC Pesaing Nintendo Switch

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Jul 2021 12:14 WIB
Steam Deck
Valve Rilis Steam Deck, Konsol Game PC Pesaing Nintendo Switch Foto: Valve
Jakarta -

Setelah lama dirumorkan, Valve akhirnya meluncurkan konsol gaming Steam Deck. Konsol portabel pesaing Nintendo Switch ini dirancang untuk gamer yang ingin memainkan game PC yang ada di Steam di mana saja dan kapan saja.

Walau desainnya terbilang compact seperti Switch, Steam Deck bisa disebut sebagai PC mini. Konsol ini menggunakan APU custom dari AMD yang berbasis CPU quad-core Zen 2, grafis RDNA 2 dan RAM 16 GB.

Steam Deck hadir dalam tiga pilihan penyimpanan internal yaitu eMMC 64GB, SSD NVMe 256GB dan SSD NVMe high speed 512 GB. Kapasitas penyimpanannya bisa ditambahkan dengan microSD berkecepatan tinggi.

Steam Deck memiliki layar sentuh berukuran 7 inch dengan resolusi 1280 x 800. Di samping layarnya terdapat tombol ABXY, D-pad, sepasang trackpad dan thumbstick.

Di bagian pundaknya juga terdapat dua tombol di sisi kiri dan kanan, serta empar tombol di bagian punggungnya. Ada juga mikrofon, speaker di sisi kiri dan kanan, headphone jack dan kipas pendingin, serta USB-C dan Bluetooth untuk konektivitas.

Steam DeckSteam Deck Foto: Valve

Steam Deck dilengkapi dengan baterai 40 Wh yang menyediakan tenaga untuk memainkan game selama beberapa jam. Steam mengklaim baterai ini bisa bertahan hingga 7-8 jam untuk penggunaan ringan seperti memainkan game 2D yang kecil, game streaming atau web browsing, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (16/7/2021).

Valve melengkapi Steam Deck dengan sistem operasi SteamOS versi terbaru yang dioptimalkan untuk form factor konsol portabel. Sistem operasi ini berbasis Linux dan untuk kompatibilitas didukung oleh Proton sehingga developer tidak perlu membuat port game khusus untuk dijalankan di Steam Deck.

Valve mengatakan fitur Steam Deck dirancang agar terlihat mirip seperti aplikasi Steam di desktop, lengkap dengan chat, notifikasi, penyimpanan cloud, dan semua koleksi game tersinkronisasi. Gamer juga bisa streaming game dari PC langsung ke Steam Deck menggunakan fitur Remote Play.

Sama seperti Switch, Steam Deck juga hadir dengan dock khusus yang bisa menghubungkan konsol dengan layar eksternal seperti TV. Tapi dock ini dijual secara terpisah.

Steam Deck akan mulai tersedia pada Desember 2021 di Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa dan Inggris, dan akan hadir di lebih banyak negara tahun 2022. Konsol ini dibanderol dengan harga mulai dari USD 399 (Rp 5,8 juta) hingga USD 649 (Rp 9,4 juta) tergantung pada kapasitas memori internalnya.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)