PS5 Masih Langka Sampai Tahun Depan, Penimbun Malah Senang

PS5 Masih Langka Sampai Tahun Depan, Penimbun Malah Senang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 25 Mei 2021 06:23 WIB
PS5
PS5 Masih Langka Sampai Tahun Depan, Penimbun Malah Senang Foto: YouTube
Jakarta -

Seorang petinggi Sony beberapa waktu yang lalu mengatakan kelangkaan PlayStation 5 masih akan berlanjut sampai tahun depan. Kabar ini justru disambut gembira oleh penimbun PS5.

Chief Financial Officer Sony Hiroki Totoki mengatakan permintaan PS5 pada tahun 2022 masih akan meningkat. Sony diperkirakan tidak akan mampu memenuhi semua permintaan meski sudah menggenjot produksinya.

Hal ini disambut suka cita oleh penimbun PS5 yang menjual kembali konsol tersebut dengan harga lebih tinggi dari harga pasar. Seperti penimbun PS5 di Inggris bernama Adam yang mengaku kabar dari Sony ini akan membuat bisnis tetap lancar bagi kelompok penimbun.

"Berita bagus. Masih ada uang yang mudah didapat dan berita dari Sony akan membuat orang-orang menjadi lebih putus asa," kata Adam yang sudah menjual 10 unit PS5 dengan harga lebih tinggi, seperti dikutip dari Forbes, Selasa (25/5/2021).

"Harganya tidak akan turun, kabar dari Sony hanya akan menakuti calon pembeli yang sekarang berpikir jika mereka tidak membeli sekarang maka mereka tidak akan memiliki kesempatan setelahnya," sambungnya.

Penimbun lainnya yang bernama Mike juga mengaku telah menjual 10 unit PS5 dan meraup untung sebesar 2.000 Poundsterling. Ia tidak hanya menjual konsol tapi juga sneakers, pakaian dan GPU - termasuk Nvidia GeForce RTX 3090 yang saat ini langka.

Sebelum Totoki mengungkap potensi kelangkaan PS5 sampai tahun depan, calon pembeli PS5 sudah kesulitan mendapatkan konsol generasi terbaru ini karena kalah saing dengan penimbun.

Ada banyak kelompok penimbun yang menggunakan bot dan sistem bernama Street Merchant untuk mengawasi peritel yang baru saja kedatangan stok PS5. Bot ini bisa melewati 3D secure di situs peritel dan membeli konsol dalam waktu tiga detik.

Akibatnya, stok PS5 ini bisa habis terjual dalam hitungan menit. Calon pembeli yang tidak ingin ketinggalan pun mengikuti banyak akun media sosial yang mengabarkan jika peritel mendapatkan update stok terbaru.

"Kami telah mendapatkan followers, tapi stok menjadi lebih langka dari sebelumnya, terutama bulan lalu... karena kurangnya stok ada lebih banyak orang yang datang untuk mendapatkan pemberitahuan," kata Sami Mehmed yang merupakan admin akun PS5 UK Stock Alert.

Per 31 Maret, Sony sudah menjual 7,8 juta unit PS5 sejak diluncurkan pada akhir tahun lalu. Mereka berencana menjual setidaknya 14,8 juta unit di tahun finansial mereka yang dimulai pada April 2021.

Permintaan yang tinggi sebenarnya bisa dimanfaatkan Sony untuk menjual lebih banyak PS5. Tapi upaya Sony memenuhi permintaan pasar terhambat karena kelangkaan chip yang melanda banyak industri.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)