Twitch Ubah Harga Langganan Berdasarkan Negara Pengguna

Twitch Ubah Harga Langganan Berdasarkan Negara Pengguna

ADVERTISEMENT

Twitch Ubah Harga Langganan Berdasarkan Negara Pengguna

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 12:30 WIB
Twitch Merubah Harga Langganan Berdasarkan Negara Tempat Pengguna Tinggal
Twitch Merubah Harga Langganan Berdasarkan Negara Tempat Pengguna Tinggal (Foto: Twitter: Twitch)
Jakarta -

Twitch berencana untuk merubah harga langganan mereka di sebagian negara. Harga terbaru nantinya akan menyesuaikan dengan negara tempat para pengguna tinggal.

Subcriptions atau langganan menjadi salah satu cara utama bagi para streamer Twitch menghasilkan uang. Mereka bisa mendapatkan 50 persen dari biaya bulanan para penggemar yang berlangganan.

Sedangkan 50 persen sisanya diambil oleh platform, yakni Twitch. Namun layanan streaming tersebut telah mengumumkan akan merubah biaya langganan menyesuaikan biaya hidup para pengguna di negara tempat mereka tinggal, dilansir detikINET dari Gamerant, Selasa (18/5/2021).

Nantinya, ini akan mempengaruhi pendapatan yang diterima para streamer setiap bulannya. Untuk mengapresiasi karena telah berlangganan, para pelanggan akan mendapatkan imbalan berupa akses ke beberapa fasilitas seperti emote eksklusif.

Bila pelanggan akan berlangganan di Tier 1, maka harga yang ditawarkan oleh Twitch, yakni USD 4,99 (sekitar 71 ribu rupiah). Nantinya semua negara akan dikenai biaya ekuivalen USD, namun untuk nilai dari mata uang itu sendiri akan berbeda-beda di setiap negara.

Negara pertama yang akan menerima penyesuaian ini adalah Meksiko dan Turki pada tanggal 20 Mei. Harga yang ditawarkan Twitch untuk tier 1, yakni 48 peso sekitar USD 2,42 (sekitar 35 ribu rupiah) dan 9,90 Turkis Lire sekitar USD 1,19 (sekitar 17 ribu rupiah).

Twitch menyatakan perubahan ini berdasarkan feedback yang diberikan oleh para pengguna. Menurut Twitch, jumlah pengguna yang berlangganan di wilayah Eropa dan Asia sekitar 50 persen lebih rendah daripada di Amerika Utara dan 80 persen lebih rendah di Amerika Latin.

"Kami telah mendengar dari penggemar, bahwa harga tersebut tidak terjangkau," tulis Twitch.

Untuk penyesuaian harga di wilayah Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika dan dan Eropa kemungkinan dilaksanakan pada Q3 2021. Twitch pun yakin dengan langkah yang mereka lakukan. Pasalnya perubahan ini pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak pelanggan karena harga langganan lebih terjangkau.



Simak Video "Seputar Twitch, Tempat Streaming Duel Catur GM Irene Vs GothamChess"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT