PS5 Lebih Laris dari Nintendo Switch dan Xbox Series X/S

PS5 Lebih Laris dari Nintendo Switch dan Xbox Series X/S

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 04 Mei 2021 11:45 WIB
Duh! Beli PS5 Online yang Diterima Malah Beras dan Panggangan Daging
PS5 Jadi Konsol Terlaris Dibandingkan Nintendo Switch dan Xbox Series X/S (Foto: Twitter/Juice)
Jakarta -

PS5 menjadi konsol terlaris saat ini, mengungguli kedua pesaingnya. Penjualannya lebih banyak dibandingkan Nintendo Switch dan Xbox Series X/S.

Baru-baru ini, Sony dikabarkan telah berhasil menjual lebih dari 7 juta PlayStation 5 (PS5) per 31 Maret 2021. Ini menandakan kesuksesan PS5 tetap terjaga meskipun saat ini pandemi masih terus berkembang.

Selama periode peluncurannya, secara signifikan PS5 lebih menguntungkan dibandingkan para pesaingnya. Sejak tayang perdana pada November 2020, PS5 telah terjual hingga 7.763.924 unit, dikutip detikINET dari Screenrant, Selasa (4/5/2021).

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dua pesaingnya, yakni Xbox Series X/S dan Nintendo Switch selama 23 minggu yang sama. Untuk Switch sendiri telah terjual sebanyak 5.008.963 unit.

Sedangkan Xbox Series X/S menempati posisi ketiga dengan penjualan hingga 4.668.963 unit. Melihat pangsa pasar selama 23 minggu sejak perilisannya, PlayStation 5 saat ini masih memimpin.

PlayStation 5 memiliki pangsa pasar sebanyak 44,5 persen. Sedangkan Nintendo Switch di angka 28,7 persen dan Xbox Series X/S di 26,8 persen.

Perlu diingat terlebih dahulu, meskipun Switch merupakan generasi terakhir dari Nintendo, tetapi ia termasuk dalam generasi saat ini. Bila tolak ukurnya dari penjualan sejak awal Switch rilis, konsol ini jelas mengungguli jumlah unit yang terjual dari PS5 dan Xbox Series X/S.

Meskipun tampaknya konsol generasi sekarang memiliki kinerja yang cukup baik, penjualan tetap dipengaruhi oleh kekurangan komponen yang dibutuhkan. Hal ini mengingat masih sulitnya memproduksi PS5 maupun Xbox Series X/S dengan cepat.

Kabar baiknya, CEO PlayStation, Jim Ryan, menyampaikan bahwa situasi akan menjadi lebih baik pada tahun ini. Karena pihaknya sedang bernegosiasi dengan mitra industri untuk meningkatkan produksi.

Hal ini bertujuan untuk menutupi kekurangan pasokan dan menawarkan lebih banyak konsol PS5 untuk penggemar pada akhir tahun 2021. Data terbaru pun menunjukkan bahwa kesenjangan penjualan akan terus bertambah, dan PS5 akan tetap memimpin ke depannya.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)