Ada Gym Khusus Esports di Jepang, 3 Jam Bayar Rp 200 Ribu

Ada Gym Khusus Esports di Jepang, 3 Jam Bayar Rp 200 Ribu

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 17:30 WIB
Esports Gym di Jepang
Foto: Dok. Esports Gym
Jakarta -

Gym buat fitness itu biasa. Tapi, ada sebuah tempat pelatihan esports bernama Esports Gym di Jepang, yang dibuka untuk gamer amatir ataupun profesional.

Di tempat tersebut, gamer bisa berlatih dan mendapat bimbingan dari pelatih profesional. Esports Gym, yang dibuka pada 19 Mei mendatang, juga dilengkapi lounge dan juga deretan PC berisi beberapa game populer di Jepang, seperti Valorant dan League of Legends.

Biaya sewa tempat ini adalah USD 13 atau kurang lebih Rp 200 ribu per satu PC selama tiga jam. Atau ada juga opsi untuk berlangganan bulanan dengan biaya USD 50, yang membuat pelanggannya bisa mengakses PC gaming tersebut setiap saat.

Nah, untuk mendapatkan sesi pelatihan, biayanya adalah USD 25 per jam, dan pelatihnya bersalah dari tim Crest Gaming dan Glory Be Esports untuk game Valorant, League of Legends, Rainbow Six Siege, dan Identity V, demikian dikutip detikINET dari Insider, Senin (3/5/2021).

Esports Gym dioperasikan bersama oleh Tokyo Metro dan perusahaan edukasi esports bernama Gecipe. Dalam situs resminya, Esports Gym juga disebut cocok untuk gamer berpengalaman namun baru merambah PC gaming, ataupun belum memahami aturan-aturan esports yang berlaku.

Industri game kompetitif sendiri beberapa tahun terakhir memang tumbuh dengan masif. Pada 2021, Newzoo memperkirakan pemasukan industri esports secara global diperkirakan menembus USD 1 miliar, dan penonton live streaming pertandingan game esports diperkirakan mencapai 728,8 juta.

Pertumbuhan esports juga terjadi paling besar di Asia. Di Asia Pasifik sendiri pertumbuhan penonton pertandingan esports global mencapai 57% pada 2019.

Esports Gym bukan satu-satunya tempat pelatihan esports yang ada. Di beberapa negara lain juga ada tempat semacam ini. Contohnya di Singapura, di mana ada sebuah coworking space yang didedikasikan untuk esports, yang mempunyai area gaming dan punya fasilitas untuk melakukan live streaming.

Begitu juga di Korea Selatan, ada tim esports profesional bernama T1 yang membuat tempat sejenis. Tempat pelatihan berlokasi di distrik Gangnam tersebut dilengkapi gym yang disponsori Nike, ahli nutrisi, dan bahkan kelas pelatihan bahasa Inggris.



Simak Video "Gempa M 6,1 Guncang Tokyo, Listrik Stasiun Padam-Lampu Jalan Goyang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)