Adik-adik, Jangan Kaget Kalau Orang Tua Kalian Main game

Adik-adik, Jangan Kaget Kalau Orang Tua Kalian Main game

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 16 Apr 2021 08:05 WIB
Adik-adik, Jangan Kaget Kalau Orang Tua Kalian Main game
Adik-adik, Jangan Kaget Kalau Orang Tua Kalian Main game (Foto: gamerant.com)
Jakarta -

Papa, mama bahkan kakek dan nenek kamu sekarang main game? Jangan kaget ya, memang ada tren orang tua jadi suka main game juga lho.

Laporan terbaru Global Web Index mengungkapkan orang tua makin banyak yang bermain game. Mereka menunjukkan bahwa demografis telah tumbuh hingga 32 persen sejak 2018.

Pandemi yang terjadi mungkin menjadi penyebab meningkatnya angka persentase gamer dengan usia yang tergolong cukup tua. Awal tahun ini, laporan NPD Group menemukan bahwa jumlah gamer mobile di atas 45 tahun meningkat 17 persen dari tahun sebelumnya pada 2020.

Data penting selanjutnya yang dibagikan oleh Global Web Index (GWI), sebanyak 86 persen pengguna internet bermain game dan 24 persen yaitu kakek nenek dan orang tua. Mereka menganggap bermain game bersama, sebagai bentuk waktu berkualitas dengan keluarga, dikutip detikINET dari Gameindustry, Jumat (16/4/2021).

"Gamer sering digambarkan oleh media dengan sudut pandang tertentu, padahal mereka belum tentu seperti apa yg kalian pikirkan," kata David Melia, VP Olahraga dan game di Global Web Index.

Sejak 2018, jumlah gamer lansia meningkat hingga 32%. Studi ini menggunakan sampel sekitar 19.500 orang yang berusia antara 55 dan 64 tahun dari berbagai belahan dunia untuk pengumpulan data.

Namun dengan semakin banyaknya gamer lansia yang terjun ke dunia game, telah dianggap mainstream. Seperti yang sudah populer sebelumnya yakni seorang wanita berusia 80-an dengan nama Shirley Currey yang telah menghabiskan waktu berjam-jam memainkan game The Skyrim.

Kemudian ada juga youtuber lansia dengan nama channel Food4Dogs yang memainkan game berjudul Xenoblade Chronicles. Dia telah memainkan game Xenoblade sejak pertama kali rilis di Wii sepuluh tahun lalu.

Hingga setelah game tersebut diporting ke Nintendo 3DS, dia membeli yang baru hanya untuk memainkan game tersebut dan menyelesaikannya. Dia sempat terkejut bahwa pengembang dapat memasukkan game sebesar itu ke dalam kartrid 3DS. Namun sayangnya, grafiknya mengalami penurunan.

Selain cintanya kepada Xenoblade, Food4Dogs juga memiliki banyak koleksi JRPG lainnya termasuk Dragon Star Varnir dan Mugen Souls. Dia adalah inspirasi bagi para gamer di mana pun, terutama komunitas di usianya.



Simak Video "Garena Bakal Rilis Game 'Undawn' yang Dipenuhi Zombie"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)