Drama GothamChess Kalah dari Pecatur Muda Indonesia, Satria Duta

Drama GothamChess Kalah dari Pecatur Muda Indonesia, Satria Duta

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 25 Mar 2021 19:09 WIB
GothamChess Kalah Dari Pecatur Muda Indonesia, Satria Duta
GothamChess Kalah Dari Pecatur Muda Indonesia, Satria Duta (Foto: chess.com)
Jakarta -

Selain Dewa Kipas, ada pecatur Indonesia yang pernah mengalahkan GothamChess. Dia adalah Satria Duta, pecatur muda Indonesia kelahiran tahun 2008.

Melalui video yang diunggah di channel Youtube GothamChess, dia menceritakan pernah bertanding dengan salah satu pecatur termuda di Indonesia yakni Satria Duta.

"Dia ada pecatur muda yang brilian dari Indonesia yang mana memiliki potensi untuk menjadi grandmaster catur selanjutnya," kata GothamChess dalam video Youtube-nya, Rabu (24/3/2021).

GohtamChess menegaskan bahwa permainan yang dilakukan Satria sangat baik, dan mungkin mereka akan bertemu lagi ke depannya. Selain itu, dia juga menunjukkan bagaimana latar belakang dari Satria yang ternyata memiliki peringkat yang cukup tinggi di FIDE Indonesia.

"Lawan saya ini lahir pada tahun 2008, jika kalian melihat rangking catur Indonesia di FIDE, ini sangat luar biasa. Dia berada di peringkat 200 sebagai pecatur termuda," kata GothamChess.

Namun menurut GothamChess, poin yang dimiliki tidak akurat (hanya 1.820), karena dia tidak mengikuti banyak turnamen dan lebih banyak bermain catur secara online.

"Satria lebih banyak bermain online. Dia seharunya bisa berada di peringkat lebih tinggi seperti peringkat 21 dengan poin 2.200," tambahnya.

Dia menjelaskan pernah bermain dengan Satria pada Agustus 2020 di Chess.com pada mode blitz atau catur cepat. Tujuan dari video ini ingin memberikan analisa pertandingan yang telah mereka lakukan. Di mana menurut GothamChess, Satria merupakan seorang lawan yang kuat, benar-benar memiliki potensi dan bagaimana dia menghadapi lawan-lawannya.

Dalam pertandingan blitz dengan waktu selama tiga menit, GothamChess memegang bidak hitam sedangkan Satria bidak putih. Selama pertandingan Satria memang melakukan beberapa kesalahan, namun dia dapat mengatasi dan malah mencoba memberikan tekanan hingga GothamChess melakukan kesalahan dalam menjalankan bidaknya.

Pertarungan sengit itu mengharuskan GothamChess melakukan pertaruhan di mana dia hanya memiliki empat pion dan satu benteng sebagai pelindung. Sedangkan Satria sudah menang kualitas dari segi jumlah pion dan satu benteng. Hingga akhirnya tersisa satu pion milik Statria dan berhasil ia rubah menjadi menteri. Namun pada akhirnya pertandingan pun dimenangkan oleh Satria Duta yang memiliki nama akun KnightDuta di Chess.com.

GothamChess juga menegaskan bahwa Satria telah bermain 5.542 pertandingan sejak pecatur muda ini membuat akunnya pada 13 April 2017 dan sering bermain catur setiap saat. Pada akhir video, dia berdoa yang terbaik bagi Satria dan keluarga. GothamChess juga berharap suatu hari Satria bisa menjadi pemain nomor satu di negaranya.



Simak Video "Dewa Kipas Kalah, GothamChess Buka Akses YouTube bagi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)