Waktu Loading GTA Online Jadi Ngebut Berkat Gamer ini

Waktu Loading GTA Online Jadi Ngebut Berkat Gamer ini

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 20 Mar 2021 14:00 WIB
GTA V
Foto: Rockstar
Jakarta -

Seorang gamer Grand Theft Auto (GTA) Online dengan nama 't0st' menemukan cara untuk mempercepat waktu loading di game tersebut -- yang terkenal sangat lambat.

Trik yang ditemukan t0st itu bisa mempercepat waktu loading-nya sampai dengan 70%. Menariknya, trik ini kemudian diketahui oleh Rockstar -- pengembang GTA --, dan mereka mengkonfirmasi kalau trik ini benar-benar berhasil.

Bahkan Rockstar pun bakal menerapkannya di pembaruan selanjutnya. Atas perannya dalam menemukan trik tersebut, Rockstar memberikan hadiah sebesar USD 10 ribu kepada t0st yang sebenarnya merupakan hadiah dari program bug bounty, meski biasanya yang dicari dari program tersebut adalah celah keamanan.

"Setelah menginvestigasi (trik ini), kami bisa mengkonfirmasi kalau yang dilakukan oleh t0st bisa mengungkap sebuah aspek dalam kode di game yang terkait dengan waktu loading dari GTA Online di PC yang bisa ditingkatkan," ujar Rockstar dalam pernyataannya.

"Sebagai hasil dari investigasi ini, kami sudah menerapkan sejumlah perubahan yang bakal diimplementasikan dalam pembaruan yang akan datang," tambahnya.

Menurut t0st, tujuan awalnya ketika menemukan trik ini adalah ia penasaran karena mode online dari GTA butuh waktu enam kali lebih lama ketimbang di mode story. Lalu ia pun meneliti deretan kode game ini.

Kemudian ia menemukan kalau penyebab utama bottleneck yang membuat waktu loading menjadi lama adalah pemrosesan CPU single thread terhadap file berukuran 10MB, yang tampaknya berisi daftar semua barang yang bisa dibeli menggunakan mata uang dalam game tersebut.

Kemudian, trik buatannya itu punya dua manfaat. Selain mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh GTA Online untuk mengecek daftar tersebut, triknya juga memberikan metode yang jauh lebih efisien unntuk mengecek barang yang terduplikasi.

Dalam pengujiannya, trik ini bisa mengurangi waktu loading GTA Online dari enam menit menjadi di bawah 2 menit, atau meningkat 70%, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (20/3/2021).



Simak Video "Fakta-fakta Drakor Squid Game yang Terinspirasi dari Permainan Anak Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)