10 Game Favorit Netizen Indonesia

Kelakuan Netizen

10 Game Favorit Netizen Indonesia

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 14 Mar 2021 17:10 WIB
ilustrasi main game
Game Favorit Netizen Indonesia (Foto: Dok. vivo10)
Jakarta -

Netizen Indonesia bukan cuma aktif di media sosial, mereka juga senang bermain game. Inilah 10 game favorit netizen Indonesia.

Pernahkah detikers membayangkan, kira-kira apa saja game favorit netizen Indonesia selama tahun 2020? Mengingat kepopuleran game mobile sangat tinggi beberapa tahun belakangan ini.

Kurang lebih sudah 33 tahun lamanya sejak game Tetris rilis di dunia pada 6 Juni 1985, hingga kini perkembangan game sudah mengalami kemajuan yang luar biasa.

Pada awal kemunculannya, game legendaris ini dimainkan para gamer di platform PC dengan teknologi mutakhir di masanya. Setelah game mulai berkembang, banyak developer melakukan inovasi terhadap platform game yang dimainkan. Tetris tidak lagi dimainkan di PC, kini game strategi ini sudah dapat dimainkan di konsol dan yang terbaru yakni mobile.

Pergeseran luar biasa yang terjadi di era digital dan teknologi, memberikan ruang bebas bagi developer untuk berekspresi terhadap game yang mereka kembangkan.

Tidak ada yang mengira, platform mobile yang awalnya hanya digunakan untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan, kini sudah berubah fungsi dengan berbagai fitur yang disajikan termasuk bermain game.

Jalan cerita, desain visual dan pengalaman bermain yang ditawarkan developer untuk game mobile, tidak kalah menarik seperti game PC dan konsol.

Bahkan sejak awal kepopulerannya, banyak gamer yang setia terhadap beberapa game mobile meskipun game tersebut sudah memiliki usia yang cukup tua. Seperti yang dirangkum oleh We Are Social dan Hootsuite selama tahun 2020, peringkat game mobile dikategorikan menjadi 3 bagian yakni pengguna aktif setiap bulan, jumlah download terbanyak dan banyaknya uang dikeluarkan pemain untuk game tersebut.

Berikut 10 game favorit netizen Indonesia yang dipetakan menjadi 3 bagian.

Pengguna Aktif Bulanan

Game mobile dengan pengguna aktif bulanan terbanyak dinobatkan kepada Mobile Legends: Bang Bang dari Moonton. Kemudian diikuti oleh Wormszone.io di posisi kedua, PUBG Mobile posisi ketiga, Among Us, Hago, Free Fire, Call of Duty: Mobile, Minecraft Pocket Edition, Clash of Clans dan terakhir yakni Candy Crush Saga.

10 Game Favorit Netizen Indonesia10 Game Favorit Netizen Indonesia Foto: (We Are Social & Hootsuite)

Jumlah Unduh Terbanyak

Dari bagian jumlah unduh terbanyak, Wormzone.io berhasil mengalahkan 9 game lainnya. Walaupun tidak menduduki posisi satu, Mobile Legends: Bang Bang masih menunjukkan taringnya di posisi dua. Disusul oleh Brain Out, Free Fire, Higgs Domino Island, Hago, Among Us, Ludo King, Subway Surfers dan peringkat 10 yakni Tiles Hop EDM Rush.

10 Game Favorit Netizen Indonesia10 Game Favorit Netizen Indonesia Foto: (We Are Social & Hootsuite)

Game Paling Menguntungkan

Bila menilai dari segi keuntungan yaitu netizen banyak keluar duit buat main game, Free Fire menjadi game dengan keuntungan terbanyak mengalahkan Mobile Legends: Bang Bang, Rise of Kingdoms, PUBG Mobile, Higgs Domino Island, Lord Mobile, Clash of Clans, Hago, State of Survival dan peringkat 10 yakni Roblox.

10 Game Favorit Netizen Indonesia10 Game Favorit Netizen Indonesia Foto: (We Are Social & Hootsuite)



Simak Video "Microsoft Trending Gegara Riset Netizen Indonesia Tidak Sopan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)